Telkom Bangun Jakarta Bukit Digital untuk Pengembang Lokal

Telkom DDB Accelerator
Sumber :
  • Telkom

VIVAnews - Setelah Bandung dan Yogyakarta, Telkom akhirnya membangun pusat pengembangan start-up lokal di Jakarta. Markas edukasi dan advokasi bagi pengembang aplikasi lokal ini diberi nama Jakarta Digital Valley (JakDiva).

JakDiva akan dikelola oleh Divisi Digital Bisnis (DDB) Telkom, yaitu divisi yang berfungsi melakukan market validasi dan akselerasi bisnis digital. Nantinya, JakDiva akan menjadi jembatan antara teknopreuneur atau pengembang aplikasi dengan pasar atau industri sebagai pengguna atau penyerap aplikasi.

"Diharapkan akan terjalin kerja sama yang menguntungkan antarkeduanya. Setiap bulan kami adakan pertemuan, baik temu komunitas, diskusi ataupun pelatihan.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Kami datangkan pembicara hebat dari dalam dan luar negeri. Ini akan jadi tempat yang cocok bagi mereka yang ingin berkembang," ujar Chief of Telkom DDB Accelerator, Achmad Sugiarto, dalam keterangannya, Sabtu 20 Desember 2014.

JakDiva ini berlokasi di lantai 6 Menara Multimedia Telkom, Kebon Sirih, Jakarta. Di dalamnya terdapat fasilitas seperti perangkat server sebagai penunjang, konten dalam bentuk toko aplikasi, mobile cloud dan solusi enterprise.

"Di sini bisa menampung 50 developers, atau sekitar 200 orang," ujar Anto, panggilan akrab Achmad Sugiarto.

Menurut Anto, para pengembang yang ada di JakDiva akan diberikan pembekalan dan bimbingan ala Silicon Valley, baik dari segi teknis maupun bisnis.

"Jangka panjangnya, misi JakDiva adalah mendorong dan mempercepat swasembada TIK, khususnya aplikasi dan konten lokal agar bisa bersaing di saat MEA nanti," ujar Anto.

Telkom sendiri, pada Agustus 2014 lalu, telah menyatakan rencana berinvestasi dalam kegiatan corporate venture capital (CVC) senilai USD 200 juta dengan menggandeng beberapa perusahaan modal ventura di Silicon Valley. (ren)

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024