2014, Kerugian BlackBerry Capai Rp1,8 Triliun

Chief Executive Officer BlackBerry John Chen memperkenalkan Blackberry Classic dalam acara peluncuran di New York (17/12/2014).
Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid
VIVAnews
Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior
- Pionir layanan
e-mail
Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK
dalam ponsel, BlackBerry Ltd mengungkapkan bahwa kinerja pendapatan yang mengecewakan masih menjadi tantangan utama bagi mereka dalam usaha memimpin pasar ponsel pintar atau smartphone
ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah
dunia. Hal itu terlihat pada pembukuan kuartal ketiga laba operasional mereka yang sebentar lagi akan selesai.

Meski demikian, perusahaan melaporkan kerugian bersih yang mereka terima tahun ini sedikit lebih baik daripada sebelumnya yakni sebesar US$148 juta atau Rp1,8 triliun yang berarti 28 sen per saham. Angka tersebut cukup jauh dari angka kerugian bersih yang mereka alami tahun lalu, yakni sebesar US$4,4 miliar atau Rp54,6 triliun atau US$8,37 per saham.


Kerugian besar yang diterima tahun lalu akibat gagalnya ekspansi perangkat mereka ke pasar. Setelah tahun lalu gagal bersaing dengan Apple Inc, Samsung Electronics Inc dan produsen perangkat lainnya di pasar, BlackBerry tengah mencoba keberuntungan dengan menjual berbagai perangkat lain, mulai dari perangkat lunak untuk keamanan
mobile
, perangkat yang membantu layanan kesehatan, pemerintah dan profesional serta sektor keuangan.


Chief Executive Officer (CEO) BlackBerry, John Chen yang menjadi arsitek strategi mengatakan, kemampuan BlackBerry untuk menghasilkan arus kas positif di kuartal terbaru menunjukkan rencana mereka menjual perangkat-perangkat tadi masih berada di jalur yang tepat.


Sebagai informasi, sejak mengambil alih jabatan tertinggi lebih dari setahun yang lalu, Chen telah bergerak cepat untuk melakukan
outsourcing
manufaktur
smartphone
guna mengurangi risiko dari suplai dan memotongan biaya. Ia juga telah meluncurkan perangkat baru dan perangkat lunak keamanan tepat waktu.


Namun, dia mengakui kemampuan BlackBerry untuk menghasilkan penjualan baru tetap tidak terbukti.


"Kami mencapai tonggak penting dalam rencana delapan kuartal kami dengan arus kas positif. Fokus kami sekarang berubah memperluas distribusi dan mendorong pertumbuhan pendapatan," ujar Chen dalam rilisnya.


Kuartal ketiga sendiri akan berakhir 29 November, sebelum peluncuran perangkat terbaru BlackBerry awal pekan ini yang dinamakan The Classic. Perangkat tersebut dimaksudkan menarik kembali pelanggan mereka dengan fitur BlackBerry tradisional seperti
keyboard
fisik dan
trackpad
. Pada bulan September, mereka juga telah meluncurkan perangkat Paspor berbentuk persegi yang ditujukan untuk para profesional.


BlackBerry perlu menjual 10 juta ponsel dalam setahun untuk membuat keuntungan dari bisnis penjualan perangkat. Dalam sembilan bulan pertama, total 5,7 juta ponsel yang terjual. Dengan begitu, mereka harus berhasil menjual 4,3 juta ponsel di kuartal keempat agar bisnis mencapai titik impas.


Posisi kas perusahaan tidak berubah dari kuartal sebelumnya yakni di angka US$3,1 miliar atau Rp38,5 triliun.


Secara terpisah, pihak BlackBerry mengatakan telah menutup pembelian Jerman Secusmart GmbH untuk jumlah yang tidak diungkapkan. Akuisisi perusahaan pengembang teknologi enkripsi merupakan bagian dari upaya Chen untuk mendapatkan kembali bisnis dan pemerintah pelanggan seluler dari penjualan perangkat lunak dan layanan keamanan
mobile
.


BlackBerry bertujuan untuk melipatgandakan penjualan perangkat lunak US$500 juta atau Rp6,2 triliun pada tahun fiskal berikutnya dari diproyeksikan US$250 juta atau Rp3,1 triliun tahun ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya