Ini Alasan XL Belum Komersialkan 4G LTE di Jakarta

Fasilitas XL 4G
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO-XL
VIVAnews
Urai Peningkatan Arus Balik Lebaran, Contraflow Diberlakukan Kembali di Tol Japek
- Banyak pertanyaan terkait komersialisasi jaringan 4G-LTE XL yang hanya mencakup tiga kota saja. Lalu kapan dan mengapa Jakarta tidak didahulukan?

Penjelasan Kadispenal soal Anggota TNI AL Bentrok Dengan Brimob di Pelabuhan Sorong

Saat ini, komersialisasi 4G LTE XL baru di kota Bogor, Medan dan Yogyakarta. Nampaknya, XL mempunyai alasan tersendiri untuk tidak mengkomersialkan layanan 4G 900 Mhz di Jakarta.
Dibintangi Aghniny Haque dan Bio One, Film Kereta Sajikan Cerita Menyentuh dan Gak Bosenin


Rahmadi Mulyahartono, Senior GM Network Planning XL, mengatakan bahwa layanan 4G LTE di Jakarta akan diluncurkan dalam waktu dekat. Kemungkinan akan digelar di pita 900 Mhz atau 1.800 Mhz. Meski demikian, Rahmadi mengaku pihaknya akan mengikuti aturan di 900 Mhz.


"Selain itu, sudah ada yang lain (gelar 4G di Jakarta) maka kami ingin meningkatkan pengalaman di kota lainnya untuk merasakan internet cepat," ujar Rahmadi ditemui di Jakarta, Jumat, 19 Desember 2014.


Lebih lanjut lagi, kata Rahmadi, XL saat ini sedang menunggu pemerintah untuk membuka frekuensi 1.800 Mhz.


"Kami sudah siap. Saat ini kan frekuensi 1.800 Mhz perlu dinetralkan dulu. Jadi kami menunggu pemerintah," tuturnya.


Disampaikan Rahmadi, layanan 4G ini akan diperluas oleh XL di kota-kota Indonesia lainnya. Di tahun 2015, operator telekomunikasi tersebut akan menyasar seperti Bandung, Surabaya, dan Bali.


"
Ya
tunggu saja, mudah-mudahan di kuartal pertama bisa di 900 Mhz. Kalau di 1.800 Mhz kita tunggu dinetralkan dulu," ucapnya.


Hingga saat ini, operator tersebut sudah melakukan modernisasi di seluruh jaringannya dan tuntas pada tahun 2013 lalu. Selain itu, XL juga mempunyai jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu kilometer dengan BTS mencakupi lebih dari 49 ribu BTS 2G dan 3G di seluruh wilayah Indonesia.


"Dengan demikian, bila teknologi neteral di frekuensi 1.800 Mhz telah siap digunakan, XL sudah siap untuk lebih memperluas jangkauannya ke berbagai daerah," ujar Rahmadi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya