XL Komersilkan 4G LTE di 3 Kota, Jakarta Menyusul

4G LTE XL
Sumber :
  • Vivanews/Agus
VIVAnews
Buka Puasa Bersama Wartawan, Irjen Sandi Bicara Pentingnya Peran Media Kawal Agenda Nasional
- PT XL Axiata, Tbk akhirnya meresmikan komersial jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) pada frekuensi 900 Mhz. Tak tanggung-tanggung operator telekomunikasi terbesar itu akan melayani tiga kota di Indonesia.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

Tiga kota tersebut yakni, Bogor, Yogyakarta, dan Medan. Mengenai tidak dimasukkan Jakarta untuk komersial pada jaringan generasi keempat itu, XL punya alasan tersendiri.
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman


"Untuk Jakarta, kami akan launching segera, mudah-mudahan kuartal pertama tahun depan. Bisa di 900 Mhz atau 1.800 Mhz, tapi kami akan ikut aturan dulu di 900 Mhz," ujar Rahmadi Mulyahartono, Senior GM Network Planning XL di Jakarta, Jumat, 19 Desember 2014.


Untuk mendukung layanan internet supercepat tersebut, XL telah menyiapkan sekitar 100 Base Transceiver Station (BTS) di tiga kota tersebut, dimana masing-masing 40 BTS terletak di Yogyakarta dan Medan, sementara sisanya berada di Bogor.


"Karena untuk Medan device-nya (4G) sudah banyak dan data usage sudah bagus. Maka dari porsinya lebih besar," ungkap dia.


Sedangkan, mengenai kartu SIM khusus untuk 4G, XL tidak menyebutkan angka pasti berapa yang akan disediakannya. Namun, mereka mengungkapkan akan terus men-supply sesuai dengan kebutuhan konsumennya.


"Kita akan terus produksi sesuai permintaan. Konsumen tinggal menggantikan kartu SIM yang lama dengan USIM yang tersedia di XL Center dalam di tiga kota itu," jelas Rahmadi.


Untuk mengkomersilkan teknologi 4G ini, selama tahun 2014, secara keseluruhan mengeluarkan nilai investasi mencapai Rp7 triliun.



Medan Pun Kebagian Cakupan 4G LTE

Kota Medan merupakan kota pertama diluar pulau Jawa dan Bali yang terlayani jaringan 4G-LTE XL. Di wilayah ini didukung oleh sekitar 20 unit BTS 4G.


“Jumlah ini akan terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan” kata Direktur Service management XL, Ongki Kurniawan.


Pemilihan kota Medan menurut Ongki karena tingginya permintaan masyarakat dan ketersediaan alokasi frekuensi.

“Selain itu pertimbangan lain yakni percepatan pembangunan di daerah itu dengan layanan internet cepat” katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya