Ini Kota Pengakses Google Terbesar di Indonesia

Google
Sumber :
  • U-Report
VIVAnews -
Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman
Google Indonesia telah resmi merilis hasil rekam jejak pencarian oleh pengguna internet di Indonesia selama kurun waktu satu tahun ini. Dengan tema "Year in Search", masyarakat Indonesia telah melahirkan 13 kategori.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Kategori tersebut di antaranya, Penelusuran, Tokoh Indonesia, Berita Nasional, Berita Internasional, Apa Itu..., Gadget, Lagu, Otomotif, Resep Makanan, Acara Televisi, Pertandingan Piala Dunia, Aplikasi Chat, dan Penyanyi Korea.
Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget


Angka kategori ini lebih besar ketimbang negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand, yang sama-sama punya 12 kategori. Vietnam jumlah ketegorinya sama dengan Indonesia, namun masih di bawah Singapura dengan 15 kategori.


Sandy Tantra selaku Consumer Marketing Manager Google Indonesia, mengungkapkan bahwa pihaknya tidak mempunyai angka pasti mengenai penggunaan Google di Indonesia. Namun, ia memastikan penggunaan mesin pencari internet itu lebih banyak digunakan di ibu kota.


"Kalau dilihat jumlah penetrasi pengguna internet di Indonesia, hampir 50 persennya ada di Jakarta. Jadi, kemungkinan 13 kategori itu berasal dari apa yang dicari pengguna internet di Indonesia," jelas dia.


Seperti kategori Penelusuran, selama tahun 2014 masyarakat Indonesia cukup tertarik dengan pencarian informasi mengenai Jokowi. Kemudian disusul secara berurutan ada Prabowo, CPNS 2014, ISIS, Sakitnya Tuh Disini, Nagita Slavina, MH 370, Pilpres 2014, Kabinet Jokowi, dan Ebola.


"Kalau kota selanjutnya setelah Jakarta itu diikuti oleh Surabaya dan Medan. Ya, lima kota besar di Indonesia ada di jajaran teratas," kata Sandy.


Ketika disinggung mengenai jumlah perbandingan dari penggunaan PC atau perangkat ponsel dalam hasil pencarian di Indonesia, Sandy menuturkan bahwa Google Indonesia belum melakukan ke arah sana.


"Hasil survei ini diambil dari baik itu ketikan, video, fitur suara berdasarkan
IP  address
dari pengguna internet di Indonesia melalui PC dan
mobile
. Mengenai
mobile
, angkanya meningkat dari tahun kemarin," ungkapnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya