Internet Kecepatan Tinggi 4G LTE Resmi Dikomersilkan di Indonesia

Menara BTS
Sumber :
  • reum-batteries.com

VIVAnews - Operator terbesar di Indonesia, Telkomsel, mengklaim telah mengkomersilkan layanan 4G LTE di Indonesia. Dengan demikian, mulai hari ini masyarakat di tanah air sudah bisa merasakan akses internet kecepatan tinggi dengan teknologi generasi tercanggih.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Sebagai perusahaan pelat merah, Telkomsel menjadi pionir penyedia layanan 4G LTE di Indonesia. Layanan ini akan diterapkan juga oleh beberapa operator telekomunikasi lainnya, seperti Indosat dan XL, mulai awal 2015.

Teknologi LTE ini digadang-gadang mampu memberikan kecepatan internet lebih tinggi dari biasanya. Diklaim kecepatan akses data mencapai 36 Mbps.

"Saat ini Telkomsel meluncurkan jaringan 4G LTE pada frekuensi 900 MHz dengan pita lebar sebesar 5 MHz dengan kecepatan data access mencapai 36 mpbs," ujar VP Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati, di Jakarta, Senin 8 Desember 2014. Layanan itu digelar bersamaan dengan peluncuran toko online Blanja.com milik mereka.

Saat ini kata Adita, penyelenggaraan jaringan LTE ini masih di ranah frekuensi 900 MHz. Sedangkan untuk 1800 MHz dan beberapa frekuensi lainnya yang diperuntukkan, masih harus menunggu aba-aba dari pemerintah.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, pengguna Telkomsel harus menukarkan sim card lama dengan simcard baru yang telah dilengkapi 4G LTE. Penukaran tersebut bisa dilakukan di Grapari terdekat.

Tekomsel saat ini mengklaim telah memiliki sekitar 110 BTS untuk mendukung layanan 4G ini. Keseluruhan BTS itu 90 persen tersebar di beberapa wilayah di Jakarta dan sisanya berada di beberapa sudut di Bali.

Ada sekitar 50 ribu sim card 4G yang disediakan Telkomsel untuk tahap awal peluncurannya.

Ke depan, Telkomsel menargetkan akan ada 20 propinsi lagi yang akan menyicipi layanan ini hingga 2019 nanti.

Sebelumnya, Indosat dan XL telah mengumumkan kesiapannya menggelar layanan 4G LTE. Namun saat ini keduanya masih dalam tahap uji coba dan belum dikomersilkan. Dikabarkan, giliran Indosat dan XL akan mengkomersilkan 4G LTE di awal tahun depan atau paling lambat di akhir tahun ini. (ren)

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang
Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024