Batan Akan Bangun Pembangkit Tenaga Nuklir di Serpong

Kepala Batan, Djarot Sulistio Wisnubroto.
Sumber :
  • Agus Tri Haryanto/VIVAnews

VIVAnews - Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) percontohan. PLTN tersebut akan berlokasi di Kawasan Nuklir Batan, Serpong dengan kekuatan 10 Megawatt.

"Kementerian Ristek dan Perguruan Tinggi memberikan dukungan terhadap rencana kita itu," ujar Kepala Batan, Djarot Sulistyo, di Yogyakarta, Minggu 7 November 2014.

Ia menjelaskan, kekuatan 10 megawatt hanya mampu menghasilkan energi listrik sebesar 3 megawatt dan diperkirakan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik diĀ  Kawasan Nuklir Batan Serpong. BATAN menargetkan, proyek tersebut akan terealisasiĀ  pada tahun 2017.

Begini Cara Klaim Perbaikan Suzuki Jimny 3 Pintu, Gratis!

Selain sebagai proyek percontohan, PLTN itu dimaksudkan sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat terkait pemanfaatan nuklir untuk listrik. Pembangunan PLTN ini juga untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa energi nuklir sangat aman dan bisa digunakan saat Indonesia krisis energi.

"Jika kita membangun PLTN di Indonesia, daerah yang aman dari gempa dan tsunami yang diutamakan. Karena di Indonesia banyak daerah yang aman dari gempa dan ancaman tsunami."

Sebelumnya, rencana pembangunan PLTN di sejumlah daerah di Indonesia menuai kritik dan ditentang banyak kalangan. Bocornya PLTN Fukushima di Jepang akibat gempa bumi yang disusul dengan tsunami membuat masyarakat semakin takut dengan keberadaan PLTN.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Eks Karutan KPK Achmad Fauzi Ajukan Praperadilan, KPK: Kami Tentu Siap Hadapi

Langkah eks Karutan KPK Achmad Fauzi ajukan praperadilan ke PN Jaksel untuk memastikan sah atau tidaknya status tersangka terhadapnya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024