Ilmuwan DNA Jual Medali Nobel Rp30,6 Miliar

Penemu struktur DNA James Watson
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Mungkin baru kali ini ada seorang peraih Nobel yang menjual medali yang diberikan. Malah ilmuwan ini berani melelang medali Nobelnya seharga US$2,5 juta atau sekitar Rp30,6 miliar.

Ilmuwan itu adalah James Watson. Ia dikenal sebagai "Bapak DNA" atau penemu struktur DNA. Medali Nobel itu didapatkannya 50 tahun lalu. Kini ia menjualnya.

Penjualan medali Nobel ini dilakukan Watson bukan tanpa alasan. Sejak beberapa tahun belakangan, tepatnya sejak 2007, ia mengalami kesulitan keuangan. Tidak ada lagi pekerjaan yang menghinggapinya karena dia dianggap masyarakat sebagai rasis.

"Sejak 2007, saya bukan siapa-siapa lagi. Tidak ada simpati untuk saya," ujar Watson, seperti dikutip dari Financial Times, Selasa 2 Desember 2014.

Watson dahulu merupakan ilmuwan hebat. Dunia harusnya berterima kasih kepadanya. Tentunya, bersama dengan temannya, Francis Crick. Pada 1953, mereka berdua menemukan struktur DNA bernama double helix, yaitu sepasang spiral paralel yang terjalin di suatu sumbu utama pada struktur molekul DNA.

Sejatinya, struktur tersebut ditemukan oleh tiga orang, Watson, Crick dan seorang wanita bernama Rosalind Franklin yang menemukan terobosan dasar dari pemetaan DNA setahun sebelumnya. Sayangnya, Franklin meninggal sebelum hadiah Nobel itu diberikan sehingga Watson dan Crick mendapatkan jatah terbanyak.

Sayangnya, padan 2007 lalu, saat wawancara dengan Sunday Times, Watson mengungkapkan keyakinannya bahwa beberapa ras di dunia dibekali Tuhan dengan kecerdasan yang minim. Dia menyebut ras tersebut kebanyakan adalah mereka yang berasal dari Afrika. Bukannya mendapat pengaminan dari masyarakat, pernyataan Watson justru menuai kontroversi.

Watson dikenal sebagai ilmuwan yang penuh kontroversi. Di tahun 2000 ia juga pernah mengeluarkan pernyataan kontroversi terkait warna kulit manusia dengan pola seksual.

Sejak saat itu, Watson mengalami kesulitan untuk menghidupi dirinya. Dipaparkan Watson, penjualan medali ini diharapkan bisa membantu kesulitan keuangan yang dialaminya, dan juga bisa digunakan untuk membeli beberapa hasil karya baru.

Medali Nobel Watson akan dilelang di rumah lelang Christie pada 4 Desember nanti.

Baca juga:

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
TVXQ Konser Perdana di Jakarta

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali

Kembali digelar dua personel TVXQ, U Know dan Changmin mengaku sangat bersemangat untuk kembali menyapa penggemar.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024