XL Siap Komersilkan Layanan 4G

XL uji coba layanan 4G LTE
Sumber :
  • XL.co.id
VIVAnews -
Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi
XL Axiata menyatakan telah siap dengan regulasi yang akan diterapkan oleh pemerintah soal pembukaan jaringan 4G LTE pada awal Desember tahun ini.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

"Untuk pita frekuensi 900 sudah siap komersil, karena step-nya setelah ULO (Uji Laik Operasi) sertifikasi dan siap buka komersial," ujar Turina Farouk selaku VP XL Axiata, dalam diskusi CEO Challenge di Grha XL, Jakarta, Jumat 29 November 2014.
Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam


Meski menyatakan kesiapannya terhadap jaringan generasi keempat pada frekuensi 900 Mhz, XL Axiata pun tetap melanjutkan uji
trial
di frekuensi 1.800 Mhz, yang bulan lalu mereka uji di lima titik Jakarta.


"Uji coba jaringan 4G (di frekuensi 1.800 Mhz) yang berakhir awal Desember ini, sekarang diperpanjang hingga Maret 2015," ungkapnya.


Menurut Turina, hal ini dilakukan dikarenakan pada uji coba tersebut mendapatkan sambutan dari pengguna cukup baik, terbukti dari 1.000 SIM Card yang dicoba, semuanya diaktivasi.


Turina menambahkan trial yang kedua akan menggunakan pita frekuensi yang sama seperti ujicoba sebelumnya.


"Dan di pita frekuensi 1800MHz menggunakan pitanya Axis pada 15MHz jika memang ini yang dibuka," jelasnya


Seperti diketahui, pada akhir Oktober lalu, XL menggelar trial LTE di lima lokasi, seperti Kota Kasablanka, Central Park, Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City, dan Graha XL.


Penerapan layanan baru yang terbatas ini, merupakan awalan. XL berharap bisa memperluas layanan ini ke kota lainnya secara bertahap.


Dalam pemilihan lokasi ini, didasarkan pada beberapa pertimbangan yakni permintaan pelanggan, ketersediaan alokasi frekuensi, besaran nilai investasi, dan lainnya. Kecepatan
trial
LTE versi XL mampu mencapai 100 Mbps. Sementara Kominfo, telah mengungkapkan pada awal Desember nanti, jaringan LTE sudah akan dikomersialkan pada frekuensi 900 Mhz.


Baca juga:






Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya