VIDEO: Baidu Pamer Sepeda Pintar

DuBike
Sumber :
  • dubike.baidu.com

VIVAnews - Perusahaan teknologi dan internet Tiongkok, Baidu kembali unjuk gigi dengan inovasi yang digelarnya. Jika biasanya perusahaan teknologi dunia merilis perangkat pintar mobile dan tren perangkat wearable, Baidu memamerkan teknologi canggih dalam bentuk sepeda pintar, DuBike.

Sesuai namanya, melansir Slash Gear, Jumat, 28 November 2014, sepeda ini bukan sepeda biasa. DuBike dilengkapi dengan berbagai sensor yang terhubung dengan bluetooth ponsel pintar pengendara.

Fitur pemetaan dan pelacakan berbasis GPS ada pada sepeda pintar ini. Sensor ini sangat berguna dalam kasus sepeda dicuri.

DuBike juga bisa menjadi asisten pribadi pengguna dengan menunjukkan tujuan lokasi yang dimaksud. Dengan menginstal aplikasi khusus DuBike, pengendara bisa mendapatkan arahan rute lalu lintas real time ke tempat tujuan.

Sepeda juga mampu terkoneksi dengan situs jejaring sosial pengguna. Menjadikan pengalaman bebeda berkendara namun tetap bisa berjejaring sosial.

Sebagai pendukung kesehatan, DuBike dilengkapi dengan sensor pelacak detak jantung yang terletak di setang sepeda. Selain itu terdapat sensor kecepatan, tekanan udara, sensor pedal.

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua
DuBike


Disebutkan, sensor pedal juga berfungsi mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Dengan demikian fungsi itu bisa menkadi power hub, yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya ponsel atau perangkat lainnya.

Baidu tak lupa dengan sensor keamanan. Di bagian belakang, terdapat lampu yang menandai pengguna jalan di belakang sepeda.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

DuBike


Kehadiran DuBike berkat kolaborasi antara Baidu dan Tsinghua University. Laporan menyebutkan DuBike bakal dirilis resmi pada Desember ini namun belum diketahui taksiran harga sepeda pintar ini.

Kemunculan DuBike diharapkan bisa memicu perusahaan teknologi dunia lain untuk menghadilkan inovasi serupa.







Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang
Situs google.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Hilirisasi menjadi isu penting di Indonesia. Jika mengklik kata tersebut di Google, maka dalam 0,25 detik muncul 4.140.000 temuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024