Awal Desember, Jaringan 4G LTE Bisa Dikomersialkan

Ilustrasi 4G
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Pemerintah telah mencapai kesepakatan dengan membuka jaringan 4G LTE bagi operator telekomunikasi. Layanan itu dipastikan bisa dikomersialkan pada awal Desember tahun ini.

Untuk permulaan, pemerintah akan membuka pada frekuensi 900 Mhz.

"Desember. Sekarang 900 Mhz. Kemudian awal tahun depan kita akan tata untuk menyiapkan frekuensi di 1.800 Mhz, 2.100 Mhz, dan 2.300 Mhz, tapi 2.300 Mhz sudah kan sebetulnya," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, di sela-sela seminar Pandi di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Kamis, 27 November 2014.

Ketika disinggung, operator mana saja yang telah mendaftar untuk mengkomersialkan jaringan 4G tersebut, Rudiantara enggan memberitahukannya.

"Ada tiga operator (telekomunikasi), kalian pasti tahu lah," ucapnya.

Diperkirakan operator yang dimaksud oleh Menkominfo yakni tiga pemain incumbent seperti Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata. Pasalnya, masing-masing operator sudah gencar melakukan uji jaringan supercepat tersebut.

Namun, Rudiantara menghimbau kepada operator untuk segera membereskan ekosistem yang belum rampung pada jaringan 4G tersebut.

"SIM Card-nya sudah siap belum, handset-nya sudah tersedia belum. Jangan karena ini kompetisi, cuma dua lokasi yang di ULO, karena yang penting dulu-duluan 4G. Itu nggak boleh, enak saja," jelas dia.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Baca juga:

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandhani Rahardjo Puro

Indonesian Students Victim of Germany Human Trafficking Mostly In Debt

The Indonesian police have uncovered many students who have become victims of an international human trafficking network to Germany, where they are trapped in debt.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024