PBB: Pengguna Internet Dunia Tembus 3 Miliar

lustrasi dunia internet.
Sumber :
  • iStock

VIVAnews - Saat ini penetrasi pengguna internet dunia telah mencapai 40 persen dari total populasi keseluruhan. Artinya, ada sekitar 3 miliar orang yang telah terkoneksi internet.

Data ini diungkapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) dalam laporan tahunannya, seperti dilansir dari Time, Kamis 27 November 2014. ITU merupakan badan telekomunikasi internasional di bawah payung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Angka 3 miliar menunjukkan kenaikan sekitar 6,6 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya 2,7 miliar. Bahkan lima tahun lalu, angka pengguna internet dunia hanya 2 miliar.

Menurut ITU, pertumbuhan paling pesat terjadi di negara berkembang. Di beberapa negara tersebut, jumlah pengguna internet naik hampir dua kali lipat. Setidaknya rata-rata peningkatan ini terjadi dalam lima tahun belakangan.

Sayangnya, penetrasinya masih 40 persen sehingga masih ada 60 persen penduduk lagi yang belum terkoneksi internet.

"Masih ada 4 miliar penduduk lagi di bumi yang belum tersentuh akses internet. Afrika merupakan wilayah dengan penetrasi terendah. Di benua itu, hanya 19 persen penduduk menggunakan internet," lapor ITU.

Laporan ini dipaparkan ITU kepada induknya, PBB. Ini merupakan tahapan yang harus dilakukan ITU sejak mereka berkomitmen untuk 'mengoneksikan' 1,5 miliar orang lagi di dunia denganĀ  internet. Ini merupakan target mereka dalam 10 tahun ke depan dengan proyek bernama Code 2020.

Code 2020 akan memfokuskan pada perluasan akses mobile broadband di seluruh dunia.

Sepertinya tidak sulit bagi ITU untuk memenuhi target mereka. Pasalnya, Google dan Facebook juga memiliki target yang sama dan berupaya untuk menghubungkan warga di wilayah pedalaman dengan akses internet.

Baca Juga:

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024