Ini Aplikasi Messaging Terpopuler di Indonesia

Sumber :
  • REUTERS/Barry Huang

VIVAnews - Era digital mobile membuat komunikasi antarpengguna makin berubah, dari dulunya menggunakan jaringan sosial kini beralih ke jaringan mobile. Fenomena itu terangkum dalam hasil penelitian terbaru GlobalWebIndex (GWI), perusahaan riset global khusus untuk perilaku konsumen online.

Riset GWI menemukan, di Indonesia, penggunaan aplikasi mobile messaging telah meningkat 45 persen sejak 2013.

"Salah satu yang mendorong pertumbuhan ini adalah penggunaan perangkat mobile. Di mana kami temukan, pengguna di sini, 86 persen sudah memiliki smartphone," kata Jason Mander, Head if Trends GlobalWebIndex, di Kuningan City, Selasa 25 November 2014.

Riset itu mengungkap aplikasi messaging terpopuler di Indonesia yaitu WhatsApp (54 persen), Facebook Messenger (45 persen), WeChat (29 persen), Skype (28 persen), Line (26 persen), Kakao Talk (19 persen) dan lainnya.

Namun hasil riset menemukan hal menarik. Dari aplikasi messaging terpopuler itu, WeChat menunjukkan pertumbuhan yang paling signifikan.

Mander mengatakan messaging asal Tiongkok itu, memiliki pertumbuhan pengguna aktif sampai 895 persen, antara kuartal pertama 2013 hingga kuartal ketiga 2014. Kemudian diikuti WhatsApp (133 persen) untuk periode yang sama, Facebook Messenger (112 persen), dan Skype (108 persen).

Ia mengatakan pertumbuhan pengguna WeChat yang melonjak tajam itu didorong oleh penetrasi internet. Mander mencontohkan di Tiongkok, WeChat mampu melonjak karena dukungan infrastruktur internet yang bagus. Maka tak heran WeChat di negeri Tirai Bambu digunakan ratusan juta pengguna.

Temuan lain, hampir sebagian besar pengguna menggunakan messaging untuk mengunggah foto melalui perangkat mobile.

"Pengguna WeChat yang mengunggah foto sekitar 85 persen, WhatApp mencapai 78 persen, dan Facebook Messenger sekitar 82 persen," ujar dia.

Survei menemukan, melonjaknya aplikasi messaging karena pengguna merasa nyaman menggunakan layanan ini. Responden menyebutkan alasan layanan yang gratis (45 persen), menganggap akses yang mudah untuk mengirim pesan langsung secara pribadi (31 persen) dan menyenangkan saat digunakan (27 persen).

Survei ini dilakukan di 32 negara dengan responden berjumlah lebih dari 170 ribu. GWI melakukan riset ini pada September lalu. (ren)

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

BACA JUGA:

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"
Han So Hee.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Han So Hee lagi-lagi menjadi sorotan pengguna media sosial. Kali ini, Han So Hee disebut menyerang Hyeri melalui unggahannya pada Jumat pagi 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024