Apple Donasikan Hasil Penjualan untuk Lawan AIDS

Suasana belanja pada Black Friday di New York.
Sumber :
  • REUTERS/Eric Thayer

VIVAnews - Sebagai produsen teknologi besar dunia, Apple Inc. tak melewatkan masa liburan sebagai momentum untuk mengeruk pundi-pundi pendapatan melalui penjualan produknya. Tapi di sisi lain, Apple juga tak melupakan misi sosialnya untuk membantu sesama.

Menyambut peringatan Hari AIDS Sedunia pada awal Desember, melansir Cnet, Senin 24 November 2014, Apple telah meluncurkan kampanye donasi untuk membantu melawan penyakit mematikan tersebut.

Cara kampanye ala Apple ini cukup unik. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs itu memberikan donasi yang berasal dari setiap pembelian aplikasi di pusat aplikasi App Store. Jadi tiap pembelian aplikasi khusus bertanda (RED), maka Apple akan mendonasikan untuk melawan AIDS.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

(RED) merupakan gerakan yang bekerja sama dengan brand dan organisasi ikonik dunia untuk menciptakan layanan dan produk edisi (RED). Penjualan produk (RED) akan didonasikan untuk melawan AIDS

Kampanye donasi itu bakal berlangsung selama dua pekan, berbarengan dengan masa liburan. Apple menawarkan 25 aplikasi khusus sebagai penarik kampanye donasi.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

"Apple bangga mendukung kampanye melawan AIDS (RED) karena kami yakin kado ini merupakan hadiah terpenting yang bisa diberikan seseorang," ujar CEO Apple, Tim Cook dalam sebuah pernyataan.

Cook menambahkan selama delapan tahun belakangan ini, pelanggan Apple telah konsisten membantu melawan AIDS di Afrika dengan mendanai perawatan korban AIDS yang terbukti berdampak positif. Gerakan ini akan terus bergulir.

"Tahun ini kami meluncurkan dorongan pendanaan terbesar kami dengan pelibatan toko online dan retail Apple," ujarnya.

Kampanye donasi tahun ini cukup berkembang sebab, untuk pertama kalinya Apple melibatkan pengembang di App Store-nya untuk mendukung donasi.

"Apple tak hanya dalam pemberantasan AIDS. Mereka menetapkan standar baru bagi bisnis, dengan memberikan US$75 juta (Rp914,6 miliar) dana kepada Global Fund sebagai bagian kemitraan mereka dengan (RED)," ujar Bono, salah satu pentolan grup band U2 yang menginisiasi gerakan (RED).

Diketahui sejak 2006 lalu, Apple turut terlibat dalam mendonasikan US$10 setiap iPod Nano edisi RED yang terjual.

Momentum liburan akhir tahun ini merupakan hari-hari masa tersibuk untuk berbelanja. Maka dari itu, seluruh saluran penjualan Apple memanfaatkan momentum Black Friday (28 November) dan Cyner Monday (1 Desember) sebagai ajang menjaring donasi.

Pada Black Friday nanti, pelanggan Apple di AS akan menerima voucher iTunes edisi khusus dengan membeli produk Apple edisi (RED).

Sayangnya, Apple tak membeberkan berapa persen yang akan didonasikan dari gerakan ini. Beberapa aplikasi yang turut dalam program donasi ini di antaranya Angry Birds, Garage Band, FIFA 15. (ren)

Baca juga:





Ditlantas Polda Aceh membagikan takjil dan beras kepada pengendara

Kombes Iqbal dan Anak Buah Cegat Kendaraan di Lampu Merah, Bikin Pengendara Hepi

Ditlantas Polda Aceh bersama Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) membagikan takjil dan paket beras ke pengendara motor dan becak.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024