Perempuan Italia Pun Kebagian Jadi Astronaut

Samantha Cristoforetti
Sumber :
  • Reuters/Kirill Kudryavtsev

VIVAnews - Soyuz, sebuah roket buatan Rusia yang membawa tiga awak ini telah sukses meluncur dari Baikonur Cosmodrome di Kazahkstan. Ketiga awak tersebut akan menjadi kru baru di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Hal unik dari peluncuran tersebut, saah satunya terdapat seorang wanita bernama Samantha Cristoforetti. Ia menjadi wanita pertama asal Italia yang pergi ke luar angkasa.

Dikutip dari Reuters, Senin 24 November 2014, Cristoforetti yang mewakili Badan Antariksa Eropa (ESA) ini didampingi oleh astronaut dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) Terry Virts dan kosmonaut asal Badan Antariksa Federal Rusia (RKA) Komandan Soyuz, Anton Shkaplerov.

Soyuz berhasil ke luar angkasa dengan terbang sejauh sekitar 260 mil atau 418 kilometer di atas permukaan Bumi. Dalam menempuh perjalanan itu, ketiga awak tersebut berada dalam pesawat antariksa selama enam jam.

Sebelumnya, Cristoforetti yang menjadi perwakilan dari negeri Pizza itu dulunya merupakan seorang pilot angkatan udara Italia. Perempuan berumur 37 tahun tersebut merasa bangga setelah mencatat sejarah sebagai wanita pertama asal Italia yang ke luar angkasa.

"Tidak ada yang istimewa selain saya menjadi wanita pertama Italia yang terbang ke luar angkasa. Saya hanya ingin terbang ke luar angkasa dan kebetulan saya menjadi yang pertama," ungkapnya sebelum melakukan perjalanan ke ISS.

Situasi pun menjadi cair dalam detik-detik menjelang pemberangkatan, ketika ada seorang wartawan yang menyinggung apakah nanti, saat berada di luar angkasa, ia akan menggunakan kosmetik. Cristoforetti pun kebingungan menjawabnya setelah mendapat pertanyaan tersebut.

"Mungkin anda harus bertanya Terry. Mungkin dia ingin mengambil beberapa riasan," jawab Cristoforetti sambil tertawa.

Direncanakan, ketiga awak tersebut akan menjalani hari-hari yang sibuk di ISS selama enam bulan berada di orbit. Mereka akan disibukkan dengan adanya rencana armada taksi luar angkasa komersial buatan Amerika, yang akan dimulai penerbangannya pada akhir 2017.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

BACA JUGA:

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024