Studi: Obesitas Berdampak pada Penurunan Otak

Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Hingga saat ini, masih banyak orang yang menyepelekan obesitas. Padahal, obesitas bukan hanya tumpukkan lemak, namun juga tumpukkan penyakit yang mematikan.

Stroke, jantung koroner, dan diabetes melitus, adalah efek langganan yang mengerikan. Selain itu, obesitas juga memengaruhi laju sel kanker payudara dan ukuran tumor.

Bahkan, studi yang belum lama ini dilakukan akan menambah panjang rentetan bahaya obesitas. Ya, obesitas ternyata mampu berdampak pada penurunan fungsi otak seseorang.

Studi jangka panjang tersebut, dilakukan pada sekelompok orang di awal usia 60-an tahun mereka. Setelah diteliti, ternyata ditemuken efek negatif yang terjadi pada otak mereka yang mengalami obesitas.

Menurut National Geographic, para peneliti mengamati hippocampus, area otak tempat penyimpanan memori yang memburuk, ketika terserang penyakit alzheimer.

Fenomenal, 8 Fakta Menarik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang

Ketika peneliti mempelajari hippocampus pada mereka yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, terlihat adanya penurunan fungsi sebesar dua persen dalam waktu satu tahun. Persentase penurunan ini sama dengan yang terjadi pada orang yang menderita penyakit alzheimer.

Bagi orang-orang dengan berat badan normal, seiring bertambahnya usia pasti terjadi penurunan fungsi di area hippocampus otak, tetapi tidak sebanyak penurunan yang dialami orang-orang obesitas, yakni hanya sebesar satu persen.

Sebuah studi terpisah, yang dilakukan oleh ahli saraf, Nicolas Cherbuin, menunjukkan hasil yang sama. Dia melakukan MRI, atau pindai otak pada 400 orang berusia 60-an dan menemukan hubungan antara subyek obesitas dan berkurangnya aktivitas otak.

Pada dasarnya, semakin tinggi berat badan seseorang, penurunan fungsi otak yang terjadi pun semakin banyak.

"Obesitas adalah bom waktu, ketika bicara mengenai kesehatan otak. Jika kita tidak melakukan sesuatu sekarang, kita akan membayar begitu banyak dalam 20 atau 30 tahun ke depan. Kami hanya tidak bisa membiarkan hal itu terjadi," ujar Nicolas Cherbuin. (asp)

Ilustrasi balap liar.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Viral di media sosial, aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, atau tepatnya di depan Stadion Patriot Candrabhaga.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024