Indosat Tunggu Lisensi Komersialkan LTE

Indosat Ultah ke-47 berdoa untuk mantan Dirut IM2, Indar Atmanto
Sumber :
  • Vivanews/Amal
VIVAnews
Penampakan Chandrika Chika Usai Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Udah Pakai Baju Oren
- Menandai HUT ke-47 hari ini, PT Indosat Tbk menandainya dengan menghadirkan layanan 4G/LTE pra-komersial secara internal. Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Direktur Indosat, Alexander Rusli, di Kantor Pusat Indosat, Jakarta Pusat.

Chandrika Chika Pernah Terlibat Urusan dengan Polisi Sebelum Jadi Tersangka Narkoba, Kasus Apa?

"Dengan adopsi jaringan LTE tercepat di Indonesia saat ini, memungkinkan pelanggan kami menikmati teknologi terkini di industri," ujar Alex di Jakarta, Kamis 20 November 2014.
Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?


Dia menambahkan, saat dua tahun yang lalu ada perangkat yang
ready
LTE, Rusli mengatakan, Indosat langsung mengatur software untuk menjemput datangnya 4G.


"Dan hari ini kami nyalakan LTE di 10 Mhz pada frekuensi 1.900 dan 5 Mhz di frekuensi 900. Kecepatan bisa mencapai 185 Mbps," kata Rusli.


Ia menambahkan, jaringan cepat internet perlu dukungan ekosistem. Maka dari itu, peluncuran 4G trial ini akan diikuti dengan berbagai perangkat yang sudah
ready
LTE.


Rusli mengatakan, kecepatan 185 Mbps itu merupakan kecepatan maksimal. Jika banyak pengguna yang mengakses layanan ini, ia mengatakan, kemungkinan kecepatan yang didapat bisa turun antara 50-60 Mbps.


Uji coba komersial ini baru berlaku di dalam ruangan bukan luar ruangan. Cakupan jaringan ini juga dibatasi.


Mengenai skema harga, Indosat mengatakan belum bisa memastikan, sebab masih menunggu lisensi resmi komersial dari pemerintah mengenai 4G.


Sebelumnya, beberapa operator lain juga mulai memberikan perhatian terhadap kecepatan layanan data dengan mengadopsi 4G. XL telah lebih dulu mengumumkan kehadiran 4G LTE di jaringannya melalui trial di beberapa titik wilayah di Jakarta, termasuk Kota Kasablanka dan Central Park.


Sementara itu, Smartfren akan mulai menggelar LTE tahun depan di Indonesia. Vendor jaringan yang telah lebih dulu menggembar-gemborkan 4G dalam jaringannya adalah Bolt, produk joint First Media dan Internux. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya