Lunar Mission One Rilis Misi Keabadian di Bulan

Lunar Mission One
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk

VIVAnews - Seolah tak ingin kalah dengan misi antariksa untuk eksplorasi komet, sebuah konsorsium Inggris, Lunar Mission One, mengungkapkan proyek untuk mengirimkan misi eksplorasi ke bulan.

Munafik, Deretan Negara Arab Ini Justru Bantu Israel Hancurkan Palestina

Misi ini bukan sembarang eksplorasi biasa. Misi akan mengirimkan robot permukaan bulan untuk mendalami misteri bumi, sekaligus mengubur DNA manusia di satelit bumi ini.

Melansir Daily Mail, Rabu 19 November 2014, disebutkan tujuan penanaman DNA ini adalah untuk 'keabadian'. Diharapkan, DNA bisa tetap bertahan sampai satu miliar tahun.

Begitu robot sampai di permukaan bulan, dijadwalkan mensurvei permukaan dan menganalisis Kutub Selatan bulan. Langkah ini, bertujuan melihat apakah memungkinkan untuk tempat manusia di masa depan.

Kemudian, setelah menemukan titik yang ideal, robot akan mengebor sedalam 100 meter. Robot akan mengambil sampel tiap mengebor kedalaman 15 centimeter dan dianalisa pada robot. Setelah galian mencapai 100 meter, robot akan mengambil kapsul kecil yang menyimpan DNA dan menguburnya ke dalam lubang.

Putus dari Mantan, Nikita Mirzani Beberkan Mantan Kekasihnya Lebih Pilih LC Karaoke

"Setiap orang bisa menaruh informasi apa pun yang mereka inginkan dalam disk memori. Ini akan menjadi seperti kapsul, arsip pribadi," jelas pemodal kota, sekaligus insinyur Inggris, Davis Iron.

Bagi seseorang yang tertarik dengan misi keabadian ini, bisa membeli kapsul memori itu dengan harga US$100. Sayangnya, tidak dibeberkan berapa biaya untuk menanamkan DNA di bulan, konsorsium enggan merilisnya.

Sementara itu, IBTimes menyebutkan, misi yang direncanakan bakal terealisasi dalam satu dekade mendatang ini tengah menanti dukungan dana dari publik. Konsorsium ini memperkirakan proyek itu butuh dana hampir setengah miliar poundsterling dan US$600 ribu pengumpulan dana.

Sebagai langkah awal, konsorisum akan mengharapkan dana US$600 ribu selama empat pekan untuk mendanai tahap awal proyek.

"Siapa pun di dunia ini, bisa turut terlibat sumbangan, meski hanya beberapa poundsterling," tambah Iron yang juga pemimpin proyek ini.

Ia menambahkan, dengan menyumbangkan dana ke misi ini, berarti telah berkontribusi besar bagi upaya pemahaman asal usul bumi dan bulan.

Lunar Mission One disebutkan, merupakan proyek untuk mendidik dan mereplikasi inspirasi, serta semangat pendaratan Apollo Moon yang tenar pada 1960-an dan 1970-an.

Misi ini akan melibatkan roket komersil Falcon 9 untuk mengirim robot ke bulan dan menanamkan kapsul memori.

Baca juga:

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

(asp)

KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya mengatakan, umat Muslim boleh meminjam uang di bank syariah sebab, sudah banyak produknya yang sesuai syariat Islam.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024