GrabTaxi, Smartphone Permudah Sopir Mengais Rezeki

Aplikasi GrabTaxi
Sumber :
  • Vivanews/Agus
VIVAnews
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024
- Memesan taksi kini semakin canggih. Pemesanan bisa dilakukan melalui smartphone dan para sopir bisa berinteraksi dengan smartphone mereka sambil bekerja.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Sayangnya, sopir taksi sering kebingungan saat menggunakan gadget untuk menunjang pekerjaannya, padahal saat ini aplikasi pemesanan taksi sering dimanfaatkan penumpang.
5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?


"Sebelumnya kami memberikan training kepada sopir-sopir kami untuk menggunakan smartphone, khususnya aplikasi pemesanan taksi," ujar Herman Iswanto selaku
Driver Loyalty & Rentention GrabTaxi
di Jakarta, Selasa 18 November 2014.


Dalam rentan edukasi tersebut, Herman mengaku ada beberapa kendala kecil namun sering dianggap besar oleh sang sopir.


Selain itu, Herman mengungkapkan ada sopir-sopir tidak paham apa yang dijelaskan oleh pengajar saat pelatihan. Namun, bila mengobrol di warung kopi, mereka langsung memahaminya.


"Bervariasi, tergantung sopirnya. Ada yang satu minggu melakukan training bisa paham ada juga yang sampai 10 hari lebih. Jadi, perlu pendekatan personal," ucapnya.


Bagi, mereka yang tidak mempunyai ponsel pintar, kata Herman, GrabTaxi akan memfasilitasinya.


"Mereka bisa kredit smartphone. Kebanyakan sopir yang kita miliki begitu," katanya.


Pada kesempatan tersebut, GrabTaxi memperkenalkan aplikasi mobile versi beta untuk Indonesia. Indonesia menjadi negara keenam yang merasakan aplikasi ini, di mana sebelumnya sudah diperkenalkan di Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam.


Dengan ekspansi ini, GrabTaxi mengklaim menjadi perusahaan startup pertama yang berkembang menjadi aplikasi smartphone pemesanan taksi nomor satu di Asia Tenggara.


Untuk menjaga tren tersebut, dalam situasi kenaikan BBM, perusahaan korporat itu memberikan diskon Rp10 ribu tanpa batas hingga akhir tahun bagi pengguna yang mengunduh dan menggunakan aplikasi GrabTaxi saat memesan taksi.


"Selain itu, pengguna akan mendapatkan hadiah sebagai gimmick. Misalkan argo naik (karena naiknya BBM), tidak masalah karena ada diskon dan hadiah," ucap Herman.


Sekadar informasi, saat ini ada sekitar 2,3 juta orang yang telah mengunduh aplikasi GrabTaxi secara global.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya