Bocah Lima Tahun Ini Jadi Ahli Komputer Termuda

Ayan Qureshi
Sumber :
  • Newsteam
VIVAnews
Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir
- Usia Ayan Qureshi belum genap enam tahun, namun ia lulus ujian Supporting Windows 8.1. Dia dinobatkan sebagai peserta termuda yang lolos ujian Microsoft ini.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Ujian ini, biasanya dilakukan oleh para orang dewasa yang mau menjadi teknisi IT profesional. Sebelumnya, pengawas ujian mengatakan bahwa dirinya terlalu muda untuk mengikuti tes ini, namun Microsoft memperbolehkannya untuk duduk bersama peserta lain.
Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024


Kehidupan Ayan memang identik dengan komputer. Ayahnya adalah konsultan IT dan telah memperkenalkan komputer kepada anaknya sejak usia tiga tahun. Bahkan Asim, nama ayah dari anak jenius tersebut, telah membuatkan sebuah lab IT komputer di rumahnya di Conventry, West Midland.


Setelah training selama lima bulan mengerjakan ujian Microsoft yang rumit, Ayan pun duduk menjadi peserta ujian yang diadakan di Birmingham City University. Setelah mengerjakan tes selama dua jam pada September lalu, ia pun berhasil mendapatkan Microsoft Certified Professional.


"Saya telah melihat bakatnya dari kecil. Saat saya memperlihatkan bagaimana menginstal Windows, dia tertarik. Dulu, dia menyukai cara bermain game di komputer. Namun, sekarang dia lebih tertarik untuk mengetahui bagaimana komputer bekerja. Memang tidak mudah mengajarinya, namun saya rutin setiap hari memberinya pengetahuan. Akhirnya semua terbayar," ujar Asim, seperti dikutip melalui
Daily Mail
, Jumat 14 November 2014.


Usia Ayan memang sangat muda. Bahkan, mengalahkan rekor Mehroz Yawar dari Pakistan. Mehroz juga pernah didapuk sebagai teknisi Microsoft termuda, dengan usia enam tahun lebih.


Ayan sejatinya merupakan anak kelahiran Lahore, Pakistan. Ayah dan ibunya, Mamoona pindah ke London pada 2009 lalu. Saat dewasa nanti, Ayan memutuskan untuk berkarir di bidang yang ditekuninya saat ini, bidang matematika dan komputasi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya