Foto Detik-detik Robot Philae Mendarat di Komet

Robot Philae membuat sejarah dengan mendarat di komet, Rabu 12 November 2014.
Sumber :
  • BBC

VIVAnews - Robot pendarat Philae milik Badan Antariksa Eropa (ESA) sukses mendarat mulus di komet 67P/Churyumov-Gerasimenko. Pendaratan itu merupakan sejarah manis bagi misi luar angkasa, sebab merupakan pendaratan pertama di komet dalam sejarah eksplorasi antariksa.

Sesaat sebelum proses bersejarah itu, Philae melaporkan foto-foto jelang robot itu mendarat. Tak ketinggalan pesawat induk ruang angkasa Philae, Rosetta, juga mengunggah foto resolusi tinggi dari dekat komet yang dianggap penting bagi penyemaian kehidupan awal di bumi. Foto-foto itu diunggah dalam akun Twitter @Philae2014.

Melansir Space, Kamis 13 November 2014, memang gambar pertama yang dikirimkan Philae tampak agak buram. Foto itu menunjukkan robot pendarat itu telah sukses memisahkan diri dari pesawat orbit Rosetta.

Salah satu panel surya Rosetta dapat terlihat sesaat Philae terpisah dan menuju tubuh komet. Foto ini diambil dengan menggunakan instrumen CIVA pada Philae.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Pesawat Rosetta juga mengambil gambar saat Philae mulai menjauh setelah melepaskan diri dan menuju tubuh komet.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall


"Kami telah melakukan pengendalian seksama atas pesawat ruang angkasa ini selama bertahun-tahun," ujar Mark McCaughrean, penasihat senior Direktorat sains dan eksplorasi robot ESA.

Philae juga sempat mengambil wajah komet dari dekat jelang mendarat di tubuh komet. Philae mengirimkan foto berjarak 3 Km dari permukaan komet.

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?


Ilmuwan di bumi kini terus menjalin kontak dengan Philae untuk memantau lebih lanjut perkembangan yang terjadi. Pendaratan dilaporkan mulus dan kaki Philae telah terpasang di permukaan komet. Semuanya berjalan dengan normal sesuai rencana. Misi pendaratan ke komet itu telah dirintis sejak satu dekade yang lalu. (one)

Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya