6 Foto yang Membuat Malu Presiden di APEC 2014

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara di KTT APEC 2014
Sumber :
  • REUTERS/China Daily
VIVAnews
Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris
- Banyak cerita saat perhelatan APEC 2014 di Beijing, Tiongkok. Setiap jepretan foto yang diambil cukup memberikan makna yang mendalam bagi yang melihat, meski sebenarnya foto tersebut hanya "kebetulan" diambil.

IRT di Kalbar Tewas Bersimbah Darah dengan Luka Tembak, Polisi Lakukan Penyelidikan

Beberapa hasil jepretan yang beredar di dunia maya sempat menjadi viral dan menimbulkan interpretasi berbeda-beda. Beberapa di antaranya bahkan membuat malu obyek yang ada di dalam foto tersebut.
Masjid Istiqlal Siap Sambut 250 Ribu Jamaah Shalat Idul Fitri 1445 H


Kejadian canggung bahkan terjadi di setiap kesempatan, khususnya antara pemimpin negara yang berseteru. Misalnya antara Presiden Obama dan Vladimir Putin dari Rusia, atau saat pemimpin Tiongkok dan Jepang bersalaman dengan wajah yang
awkward.

Dalam sebuah foto yang diambil dari
Reuters
, terlihat Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, sedang bersalaman. Pertemuan keduanya merupakan yang pertama kali sejak Tiongkok dan Jepang bersitegang.


Terlihat meski bersalaman, Abe hanya tersenyum sedikit dan terkesan dipaksakan, sedangkan Xi terlihat seperti tidak antusias. Media menyebut momen ini sebagai 'awkward handshake' atau 'salaman yang canggung'.
Lain lagi dengan Obama dan Putin. Keduanya, yang sering dibanding-bandingkan oleh para pengguna internet, khususnya di media sosial, terlihat canggung juga saat berdekatan. Dalam sebuah gambar terlihat Putin sedang menepuk pundak Obama, namun Obama membalasnya dengan tatapan tidak senang.
Obama menjadi perhatian di dunia maya saat APEC berlangsung sejak 10 November lalu. Sebuah foto yang beredar di dunia maya memperlihatkan jika suami Michelle itu lebih suka berbicara dengan istri Presiden Tiongkok. Saat Xi Jinping berbicara dengan Putin sebelum jamuan makan malam, Obama terlihat berbicara dengan Peng Liyuan.
Sebuah foto beredar di dunia maya saat Putin sedang berusaha untuk 'mendekati' Peng Liyuan, istri Presiden Tiongkok. Saat ingin melihat atraksi kembang api di luar gedung, Putin ingin memberikan kehangatan kepada Peng Liyuan dengan mengenakan syal yang ada. Video sumber foto ini pun langsung menarik perhatian netizen. Tiongkok bahkan mengedit adegan tersebut di video yang beredar di negara itu.
Kostum makan malam para pemimpin dunia saat APEC kali ini juga menjadi olok-olok di dunia maya. Baju tersebut dianggap mirip dengan kostum di film StarTrek.
Lagi lagi Obama. Di sebuah foto, saat ingin makan malam bersama, Obama kepergok sedang memperhatikan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Foto yang seharusnya memperlihatkan Presiden Jokowi, Iriana dan Obama tiba-tiba beredar hanya memperlihatkan Obama dan Iriana saja, lengkap dengan tatapan mata Obama ke arah Iriana. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya