VIDEO: Aksi Robot Atlas Tirukan Gerakan Karate Kid

Robot Atlas Ian
Sumber :
  • Cnet
VIVAnews
Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?
- Robot Atlas telah diprogram sedemikian rupa, sehingga bisa melakukan gerakan karate. Manusia yang terbuat dari besi rakitan ini bisa berpose tendangan bangau ala film Karate Kid.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Aksi Ian, sebutan robot Atlas tersebut, direkam dalam sebuah video berdurasi satu menit 38 detik. Dalam video itu, satu kaki Ian berdiri di sebuah batu bata bertumpuk, sedangkan satu kaki lainnya melayang. Kedua tangannya bergerak membentuk sayap burung bangau.
Jokowi Didampingi 2 Menteri dari PDIP ke BSD, Hadiri Acara Ini


Gerakan ini mirip dengan adegan film Karate Kid pada 1984. Karakter Daniel-san, yang diperankan Ralph Macchio melakukan posisi tendangan burung bangau saat bertanding dengan musuhnya.


Ian merupakan robot yang berukuran tinggi 6 meter 2 inci. Beratnya sekitar 150 kilogram. Ian bisa bergerak sedemikian rupa berkat bantuan algoritma yang diciptakan oleh Florida Institute for Human and Machine Cognition.


Dilansir
Cnet
, Rabu 12 November 2014, robot Ian tidak ditujukan untuk berkelahi atau memamerkan kemampuan karatenya. Robot yang pernah tampil dalam Robotics Challenge International ini merupakan upaya untuk membuat perangkat yang bisa melakukan tugas manusia.


Robot ini akan melakukan tugas manusia di momen yang membahayakan. Baik saat situasi kebakaran maupun bencana. Intinya, robot ini bisa digunakan untuk tugas pencarian dan penyelamatan.


Tubuh Ian terdiri atas gabungan 28 mesin hidrolik untuk bisa melakukan gerakan dengan fleksibel. Di kepalanya dilengkapi dengan dua buah kamera dan sebuah laser dengan jarak yang cukup jauh.


Ian memiliki dua kaki yang dirancang untuk bisa berjalan di zona yang cukup sulit. Kedua tangannya juga dibentuk sedemikian rupa, sehingga mirip dengan tangan manusia yang bisa memegang alat apa saja.


IHMC mengaku masih harus meningkatkan performa robot Ian. Mereka ingin agar robot ini bisa bergerak dengan fleksibel. Tidak hanya berdiri, tapi juga melompat dan terbang.


Robot Atlas merupakan sebutan untuk robot bipedal (dua kaki) yang mirip manusia buatan Boston Dynamics. Biasanya mampu berjalan dengan cepat dan diperuntukkan sebagai pengganti manusia untuk melakukan pekerjaan luar ruangan. (art)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya