Perppu Pilkada Lolos, BPPT Siapkan e-Voting

Survei LSI Tentang Perppu Pemerintah Mengenai Pilkada
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu
- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyatakan bahwa e-Voting merupakan salah satu pelayanan publik berbasis eletronik yang harus segera diimplementasikan secara nasional.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Pasalnya, saat ini Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih belum membahas Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, yang sudah diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono awal Oktober lalu.
Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024


"Kita akan jalan terus. Ibaratnya, 'anjing menggong kafilah berlalu' karena, e-Voting adalah keniscayaan. Itu masalah waktu dan proses," ujar Hammam Riza selaku Deputi Kepala Bidang Teknologi Informasi Energi dan Mineral di Gedung BPPT, Senin 10 November 2014.


Hammam menjelaskan e-Voting merupakan teknologi pemungutan suara secara eletronik yang dapat membantu jalannya pemilu, bahkan dapat menghemat biaya yang sudah dianggarkan.


"Saya berharap Perppu lolos di DPR. Kalau sudah maka KPU dapat memberikan lahan bagi kami untuk mencoba dan sekuat tenaga dalam menerapkan manfaat e-Voting," harap dia.


Sehingga, lanjut dia, bila sudah diberikan lahan bagi pihaknya maka tak dipungkiri lagi, pemungutan suara berbasis eletronik itu akan digunakan di seluruh Indonesia.


"Nanti (kalau diberi kesempatan) buka uji coba tapi simulasi, real. Kalau kita nggak pernah mencobanya dalam kondisi aktual, kita nggak pernah tahu kelebihan, dan kekurangan serta kelemahannya," papar dia.


Dalam implementasi yang sudah diterapkan oleh BPPT, saat menggunakan sistem e-Voting Pilkades di beberapa wilayah, mereka dapat menghemat sekitar 50 persen anggaran.


Setelah, diklaim sukses, efektif, dan hemat. BPPT ingin menerapkan sistem teknologi tersebut secara nasional. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya