Wacana Voice Call di WhastApp Menguat

Sumber :
  • REUTERS/Barry Huang

VIVAnews - Kabar aplikasi messaging, WhatsApp, menyiapkan layanan vioce call atau panggilan suara memang sudah terdengar sejak April lalu. Meski masih bersifat rumor, berbagai laporan telah menunjukkan WhatsApp bakal memperkenalkan layanan voice call gratis, tahun depan.

Kabar makin menguat, sebab salah satu pengguna aplikasi menemukan ikon khusus yang menunjukkan pada voice call, melansir Phone Arena, Rabu 5 November 2014.

Ikon itu bergambar telepon dengan warna hijau. Temuan ini menjadi jawaban atas upaya beberapa pengguna yang gagal mengaktifkan fitur suara tersebut.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

Tercatat pada April tahun ini, laporan yang diperoleh Phone Arena menyebutkan WhatsApp tengah mengerjakan kemampuan aplikasi untuk voice call, yang bisa saja hadir dengan nama yang berbeda misalnya incoming call, outgoing call, atau hang up.

Saat itu, fitur suara WhatsApp mensyaratkan harus bisa mengakses mikrofon pengguna agar bisa mengaktifkan layanan ini.

Sayangnya saat dicoba pada perangkat iPhone, muncul pesan pop-up yang menunjukkan iPhone tak memberi izin penggunakan mikrofon pada perangkat.

Fitur baru

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Sementara laporan India.com menyebutkan WhatsApp bakal hadir dengan fitur baru yang memiliki empat seri tombol yaitu call mute, switch to text message, panggilan melalui speaker perangkat dan hanging up. Fitur baru itu disebutkan bakal tersedia untuk versi baru 4.5.5.

Layanan panggilan suara itu disebutkan bakal tersedia untuk daerah yang memiliki jaringan frekuensi rendah. Dengan layanan suara itu, WhatsApp diprediksi bakal bisa bersaing dengan kompetitor seperti LINE, WeChat, dan lainnya.

WhatsApp saat ini populer digunakan pengguna muda dengan meraih 600 juta pengguna seluruh dunia, diikuti WeChat (438 juta), dan LINE (400 juta).

Temuan ikon itu dipandang cukup rasional untuk langkah monetisasi layanan WhatsApp. Sebagaimana diketahui selama ini, layanan WhatsApp diberikan secara gratis untuk selama setahun, dan setelah itu aplikasi yang telah dibeli Facebook awal tahun ini, menarik biaya langganan yang terjangkau.

Tak diketahui apakah setelah diakuisisi, layanan voice call bakal menjadi kenyataan. (ita)

Putri Anne

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Putri Anne mendapat pertanyaan dari pengguna instagram tentang tips untuk bisa move on.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024