Ini Hal Penting yang Harus Diketahui Pemilik Drone

Drone di Indocomtech
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Tri Haryanto

VIVAnews - Belakangan fenomena drone atau pesawat tanpa awak sering digunakan untuk pengambilan video atau foto yang tak bisa dijangkau dengan alat konvesional.

Namun, bagi para pemilik drone perlu memperhatikan segala sesuatunya, agar benda premium itu tak mudah rusak. Pasalnya, kalau harus mengganti salah kompenennya bisa merogoh kocek jutaan rupiah.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

"Pertama, rentan itu dari operator (pilot) yang harus terlatih, itu paling penting. Dia harus punya basic minimal pernah menerbangkan aeromodeling, harus tahu prosedurnya. Kalau tidak, drone akan jatuh dan rusak," ujar Retra dari Cakrawala Creative di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat malam, 31 Oktober 2014.

Cakrawala Creative, yang kerap mengoperasikan drone untuk kebutuhan video, memamerkan drone di booth Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur dalam pameran di Indocomtech 2014

KPK Siap Dampingi Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran dari Potensi Korupsi

Selain itu, kata dia hal yang perlu diperkatikan pemilik drone yaitu baterai. Pasalnya, kata Retra, baterai cukup mahal sekitar Rp1-4 jutaan, bila harus menggantikannya.

"Penggunaan drone tidak boleh over limit karena baterai akan gampang kembung. Baterai ini terbuat dari lithium polimer. Jadi, harus disisakan beberapa volt," ungkapnya.

Kemudian, lanjut dia, pemilik drone harus bisa memperhatikan tempat yang akan diterbangkannya, jangan sampai mencelakakan orang lain.

"Minimal harus save, artinya jangan sampai tempat yang diterbangkan drone bisa menjatuhi orang di bawahnya. Drone ini beratnya bisa dari 2,5 hingga 8 kilogram," kata Retra.

Ia menambahkan, pemilik drone juga perlu mempunyai keahlian dalam membaca cuaca seperti angin. Menurutnya, angin bisa memengaruhi jelejah pesawat tanpa awak tersebut.

"Angin jangan sampai melebihi kekuatan daya tahan drone, karena kalau kecepatan angin yang kuat, bisa kehilangan kendali dan jatuh," ujar Retra.

Ilustrasi konser musik.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Komika Amerika Serikat (AS) Arj Barker memancing kontroversi setelah aksinya mengusir seorang ibu yang sedang menyusui bayinya di tengah pertunjukan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024