Xiaomi Intai Samsung dan Apple

Tiga model ponsel Xiaomi Mi
Sumber :
  • REUTERS/Anindito Mukherjee

VIVAnews - Produsen ponsel pintar Tiongkok, Xiaomi makin berkibar. Kini Xiaomi menjadi vendor ponsel pintar ketiga dunia, mengintai di belakang Samsung dan Apple, setelah berhasil menggeser Lenovo dan LG Electronics.

Capaian Xiaomi yang menyodok itu cukup fantasitis, sebab Xiaomi baru seumur jagung, didirikan sejak empat tahun lalu. Bahkan Xiaomi pertama kali baru merilis produk ponsel pintarnya pada Agustus 2011.

Menurut Strategy Analytics, selama kuartal terakhir Xiaomi telah menambah pangsa pasar 6 persen. Sementara data perusahaan analis, International Data Corporation (IDC), terungkap Xiaomi mengalami pertumbuhan tiga digit dibandingkan kuartal yang sama pada tahun lalu.

IDC mengatakan kunci keberhasilan Xiaomi adalah peluncuran ponsel pintar MI4 pada Agutus lalu. Menurut perusahaan riset global ini, ponsel MI4 mampu menjadi pesaing ponsel kelas atas misalnya iPhone 5S dan Samsung Galaxy S5.

Kedua perusahaan analis itu menyebutkan, keberhasilan Xiaomi juga didorong oleh pasar dalam negeri.

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

"Model smartphone Android Xiaomi sangat populer di pasar Tiongkok, dan mengirimkan jutaan perangkat tiap kuartal melalui platfrom online dan operator," jelas Neil Mawston, Direktur Eksekutif Strategy Analytics.

Mawston menambahkan langkah selanjutnya, Tantangan Xiaomi yaitu bagaimana menyasar pasar internasional yaitu Asia dan Eropa.

"Xiaomi bakal menghadapi lawan yang kuat dari kesadaran brand yang rendah dan tantangan paten teknologi [ada tahun depan," kata dia.

Antusiasme atas produk Xiaomi juga terjadi di Indoensia. Sejak resmi hadir pada Agustus lalu dengan merilis Redmi 1S, pemesanan produk smartphone Xiaomi itu ludes dalam beberapa menit saja.

Total penjualan Xiaomi di portal e-commerce terbesar di Indonesia, pada pertengahan September, telah mencapai lebih dari 15 ribu unit. Pada penjualan gelombang pertama, sebanyak 5.000 unit ludes terjual dalam kurun 7 menit saja. Pada penjualan selanjutnya, 10 ribu ponsel pintar Redmi 1S Xiaomi ludes dalam 12 menit. (ita)

Jokowi: Prabowo-Gibran Harus Siapkan Perencanaan untuk Wujudkan Janji Kampanye

Baca juga :

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang



Fenomena Unik Langit Yunani, Warna Oranye Bak di Planet Mars

Gegara Gurun Sahara, Langit Yunani jadi Oranye bak di Planet Mars

Yunani berubah warna menjadi oranye pekat ketika awan debu yang bertiup melintasi Laut Mediterania dari Afrika Utara menyelimuti daerah Acropolis dan landmark kota Athena

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024