Ini Peta Pasar PC di Indonesia

Pameran Indocomtech 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Drama Pernikahan Ria Ricis: Terbongkar Alasan Ibunda Teuku Ryan Sempat Tak Beri Restu
- Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), Rudi Rusdiah, membantah bila pasar PC telah tenggelam di era derasnya perangkat mobile.

Animo Tinggi Masyarakat ke Indonesia U-23 Harus Dijaga, tapi Arahnya Positif

Menurut dia, perangkat PC hanyalah bertransformasi dan mengalami perluasan kategori, seiring perubahan tren perangkat.
Sempat Ungkap Kliniknya Kemalingan Ternyata Hoax, dr. Richard Lee Dilaporkan ke Polisi


"Perangkat PC mengalami konvergensi ke perangkat telekomunikasi. Mereka (PC) ke mobile dan kini makin banyak jadi perangkat back-end," terang Rudi ditemui di sela-sela pameran Indocomtech 2014, di JCC Senayan, Kamis 30 Oktober 2014.


Transformasi itu membuat perangkat PC saat ini 'menghilang' dari pandangan di perkantoran, dan kini beralih ke wilayah belakang, pendukung jaringan.


"Dulu PC kan di kantor dan rumah, dan sekarang pindah ke data center dan ke belakang, misalnya untuk mendukung cloud," kata dia.


Akibat diversifikasi itu, memang Rudi mengakui terjadi penurunan penjualan PC dekstop di Indonesia, menjadi 732 ribu unit pada estimasi tahun 2014. Dari angka ini diperkirakan penjualan PC dekstop menurun 34 persen dibanding estimasi tahun lalu.


"Sementara penjualan PC mobile (notebook) sebesar 2.969.149 (minus 10 persen). PC tablet 4.990.589, atau naik 32 persen, serta sisanya PC server," beber Rudi.


Penurunan penjualan PC itu kata dia juga disebabkan konvergensi dan tekanan dari penjualan smartphone yang meningkat pesat sebesar 33.122.818 atau mencapai 59 persen.


"Namun apabila total industri PC yaitu notebook, All in One desktop dan tablet, maka jumlahnya menjadi 8.658.463, atau masih meningkat 6 persen," tambahnya.


Fenomena itu, lanjutnya, dapat dilihat pada pameran Indocomtech, sebab para pemain utama dari industri gadget PC dan smartphone, semuanya tampil di pameran tahunan ini.


"Sehingga pameran ini dapat menjadi barometer dari perkembangan teknologi, industri dan pasar telematika di Indonesia," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya