Stephen Hawking: Saya Takut dengan Masa Depan Manusia

Stephen Hawking.
Sumber :
  • Facebook/Jaime Travezan

VIVAnews - Kehidupan ahli astrofisikawan terkenal, Stephen Hawking, bakal dirilis dalam layar lebar pada pekan depan. Profesor Universitas Cambridge, Inggris itu bakal dikisahkan dalam film biopik yang berjudul "The Theory of Everything".

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Sebelum film dirilis, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengunggah video pengakuan dari Hawking dan pemerannya di film tersebut.

"Saya takut dengan masa depan kita. Planet bumi kita terancam dengan populasi yang terus berkembang dan hanya memiliki sumber daya yang terbatas. Kita perlu rencana B," ujar Hawking dalam pernyataan di video yang diunggah awal pekan ini, melansir Space.com, Rabu 29 Oktober 2014.

Film "The Theory of Everything" menceritakan perjalanan Hawking menjadi salah satu ahli kosmolog terbesar sepanjang sama dengan menderita penyakit saraf motorik yang membuatnya lumpuh.

Dalam kesempatan itu, Hawking tak meragukan sedikitpun, koloni ke planet lain selain bumi bakal segera terwujud. Keyakinan itu didasarkan perkembangan teknologi eksplorasi antariksa yang kian hari kian berkembang.

Dengan bekal kemajuan teknologi itu. menurut Hawking dalam 50 tahun ke depan, pemukiman di bulan bakal tercapai dan dalam satu abad ini, ia berharap manusia bisa hidup di Mars.

"Jika spesies kita masih bertahan, sangat penting bagi kita pergi dari kegelapan ruang dengan tegas menjelejah dunia baru seluruh alam semesta," ujar Hawking kepada dua astronout NASA, Rick Mastracchio dan astronout Jepang, Koichi Wakata pada awal tahun ini melalui video.

Sedangkan pemeran Hawking dalam film biopik itu, Eddie Redmayne, mengaku kagum dan bangga memerankan sang fisikawan.

"Kita semua pernah mengagumi misteri di luar planet kita, tetapi dengan teknologi canggih NASA, kita menemukan bagaimana alam semesta kita bekerja," ujar Redmayne dalam video.

Selain itu, NASA juga menampilkan dua video dari produser tayangan miniseri PBS "Stephen Hawking's Universe." Video ini menampilkan pandangan Hawking pada eksplorasi ruang angkasa dan kebutuhan umat manusia untuk menjadi spesies multi planet, bisa hidup di planet lain.

Diketahui selama beberapa tahun terakhir, Hawking telah gencar menyampaikan pendapat bahwa manusia harus mempertimbangkan planet selain bumi, demi kelangsungan kehidupan.

Baca juga :




(asp)

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI
OIKN saat diskusi pengembangan ekosistem start up

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Pembentukan ekosistem startup dan UMKM sangat penting dalam mencapai target Indonesia Emas 2045

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024