Microsoft Jual 9,3 Juta Unit Lumia

Peluncuran Nokia Lumia 920 dan 820
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Microsoft berhasil membukukan revenue melebihi target kuartal yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini berkat penjualan smartphone mereka di pasaran, berikut tablet Surface dan produk Komputasi Awan.

Sebelumnya, para investor sempat was-was jika margin pendapatan di layanan cloud makin rendah. Namun saat ini, saham Microsoft yang telah meningkat 33 persen dalam setahun terakhir ini kembali melonjak 3 persen menjadi US$46,36 per saham.

"Ditengah laporan pendapatan dari perusahaan teknologi lain yang cenderung negatif, seperti Oracle, IBM, SAP, VMware dan EMC, Microsoft mengawali tren peningkatan pendapatan dan menamai September ini sebagai hasil dari upaya tim yang solid," ujar Daniel Ives, analis dari FBR  Capital Markets, seperti dikutip Times of India, Jumat 24 Oktober 2014.

Microsoft sendiri tidak memberikan detil mengenai revenue berbasis Cloud di kuartal pertama ini. Namun yang jelas, penjualan Cloud komersil naik 128 persen sedangkan penjualan layanan berbasis platform Cloud Azure miliknya meningkat 121 persen.

"Kami menjadi satu-satunya perusahaan yang memiliki revenue cloud meningkat hingga rata-rata tiga digit," ujar CEO Microsoft Satya Nadella.

Revenue Microsoft naik 25 persen menjadi US$23,2 miliar. Angka ini naik berkat bantuan bisnis ponsel yang baru mereka beli dari Nokia pada April lalu. Angkanya melebihi rata-rata prediksi analis yang hanya US$22 miliar.

Sayangnya, Microsoft telah melakukan PHK besar-besaran terhadap karyawannya. Juli 2014 lalu sebanyak 18.000 karyawan telah didepak Microsoft, rata-rata adalah mereka yang bekerja di divisi bisnis ponsel Nokia.

Padahal, dalam laporan keuangan kuartal ini, penjualan Lumia cukup mengesankan karena laku sekira 9,3 juta unit. Angka ini didapat Microsof sejak akuisisi selesai dilakukan.

Selain itu, penjualan tablet Surface juga mencapai lebih dari dua kali lipat, yaitu US$908 juta dari kuartal yang sama tahun lalu yang hanya US$400 juta.

Sinyal PKS Kembali Dukung Edy Rahmayadi di Pilkada Sumatera Utara?

Microsoft juga tidak merasa harus berterima kasih kepada Nokia atas penjualan ini. Mereka memutuskan untuk tidak lagi menggunakan embel-embel Nokia di belakang nama Lumia. (adi)

Erik Ten Hag

Erik Ten Hag Bongkar Penyebab Antony Ledek Pemain Converty

Erik ten Hag menjelaskan penyebab Antony mengejek para pemain Coventry City setelah Manchester United memenangkan laga semifinal Piala FA melalui adu penalti.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024