Ditemukan Dinosaurus Aneh Mirip Hunchback of Notre Dame

Deinocheirus mirificus
Sumber :
  • Nature
VIVAnews
Bahlil Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi dan Tony Blair: Energi Baru hingga IKN
- Sekitar tahun 1964, para arkeolog menemukan tulang belulang yang cukup besar di Mongolia. Diduga itu adalah fosil dinosaurus yang sangat besar dan kuat, menakutkan dan mampu memangsa hanya dengan kuku-kukunya yang tajam.

Menko Luhut Siap Beri Insentif ke Apple Agar Mau Berinvestasi di RI

Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan sisa fosil dinosaurus tersebut. Setelah disatukan, diprediksi dinosaurus ini tidak sebuas yang diperkirakan sebelumnya. Binatang purba ini bodoh dan aneh.
Tas Istri Daniel Mananta Dicopet di Mall, Dompet dan HP Raib


Dinosaurus besar ini diduga berjalan dengan dua kaki. Penampilannya merupakan perpaduan dari Barney, boneka dinosaurus yang terkenal di acara televisi anak-anak, dan karakter Jar Jar Bink dari Star Wars.


Tinggi dinosaurus ini sekitar 16 kaki dan panjang 36 kaki. Beratnya sekitar 7 ton dengan paruh mirip bebek di kepala dan punuk lebar di punggung layaknya layar kapal. Tidak ada cakar pembunuh, bulu di sana-sini, dan tak ada gigi. Belum lagi, cara mereka makan cukup aneh, yaitu dengan menghisap, mirip penyedot debu.


Dinamakan Deinocheirus mirificus, yang berarti "tangan jelek yang terlihat aneh". Diduga umurnya sekitar 70 juta tahun, merupakan nenek moyang burung unta modern. Family dinosaurusnya disebut ostrich dinosaurus.


"Deinocheirus merupakan dinosaurus teraneh yang berada di luar bayangan kami," ujar Yuong-Nam Lee, direktur museum Geologi di Daejeon, Korea Selatan, seperti dikutip dari
Fox News
, Jumat 24 Oktober 2014.


Menurut peneliti lain yang tidak terlibat dalam penemuan ini, evolusi tidak selamanya sesuai dengan apa yang dipikirkan. "Ini adalah evolusi dinosaurus, bukan mamalia," ujar Paul Sereno ahli dinosaurus dari University of Chicago.


Menurut Lee, dilihat dari ukuran dan bentuk punggungnya, yang memiliki punuk, Deinocheirus ini merupakan dinosaurus yang berjalan lambat. "Mereka tumbuh besar untuk bisa menandingi dinosaurus besar lain, agar tidak dimangsa," kata Lee.


Yang aneh lagi, dinosaurus ini sepertinya makan tumbuh-tumbuhan. Lidahnya memiliki kemampuan menghisap untuk menyedot makanan yang jaraknya jauh.


Lee mengatakan jika awalnya, ia dan tim tidak menemukan tengkorak Deinocheirus. Namun, mereka mendapatkannya di sebuah pasar gelap di Jerman.


"Suatu saat banyak anak yang akan memfavoritkan dinosaurus ini. Mereka adalah anak-anak yang memiliki rasa humor," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya