Perangkat Pintar Ini Bantu Hilangkan Stres

Muse, perangkat wearable pengurang stres
Sumber :
  • www.mashable.com

VIVAnews - Perangkat pintar yang dapat dipakai (wearable) mulai menjadi tren. Perusahaan teknologi sampai start-up satu per satu memperkenalkan perangkat wearable masing-masing.

Namun mayoritas perangkat wearable yang muncul ini masih berkaitan dengan produktivitas fisik dan kesehatan saja. Misalnya mengakomodasi kebutuhan internet dan data pengguna pada jam tangan maupun kacamata pintar, maupun mengukur tingkat kebugaran pengguna, pada perangkat wearable gelang.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Tapi kini muncul perangkat wearable yang memilih kategori berbeda. Melansir Mashable, Kamis 23 Oktober 2014, kini terdapat perangkat wearable yang fokus pada mental pengguna, untuk menghilangkan stres pikiran pengguna. Perangkat itu adalah Muse dan Thync.

Perangkat Muse berupa perangkat wearable ikat kepala. Muse memungkinkan pengguna merasakan relaksasi layaknya meditasi yoga. Pengguna pun bisa memakai perangkat dalam posisi santai dan di manapun.

Muse ini memiliki tujuh sensor, dengan rincian tiga sensor mengukur aktivitas otak, dua sensor di belakang telinga, dan dua sensor sisanya ada di sisi kepala pengguna. Semua sensor bertugas mengumpulkan dan menerjemahkan data ke pengguna melalui aplikasi.

Agar alat ini sukses mengurangi stres pengguna, salah satu kuncinya yakni memasangkan perangkat secara tepat. Disebutkan bagian ini meski terlihat mudah, namun cukup sulit untuk memastikan pemasangan harus cocok, dan posisi lurus.

Pengguna kemudian dapat melihat hasil 'terapi' ala Muse itu pada aplikasi yang juga bernama Muse di ponsel pintar. Di situ akan terlihat apakah pengguna mengalami rileks pikiran atau tidak.

Muse tercatat merupakan perangkat yang dihasilkan dari kampanye pendanaan populer, IndieGoGo. Muse dibanderol US$300 sekitar Rp3,6 juta.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Muse, perangkat wearable pengurang stres

Salah satu pengguna menceritakan Muse, meski belum berdampak signifkan, tapi hasilnya bisa lebih santai.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

"Saya belum mencapai titik puncak, tapi saya terasa lebih santai dari 3 menit yang lalu," ujar Samantha Murphy Kelly.

Perangkat Lain

Perangkat lain yang mirip dengan Muse yaitu Thync. Perangkat ini menggunakan indra mendeteksi aktivitas otak pengguna dan membantu agar lebih bersemangat, fokus dan tenang.

Thync mengaku belum lama ini mendapatkan dana US$13 juta sekitar Rp156.6 miliar dari perusahaan pemodal, Khosla Ventures. Thync berencana diperkenalkan pada 2015.

Thync bahkan berencana mengombinasikan sensor saraf dengan perangkat wearable konsumer serta algoritma yang membantu pengguna bisa melakukan relaksasi pada malam hari.

Perangkat sensor otak tak hanya Muse dan Thync saja. Tercatat ada Emoticov dan Brainhot yang juga menyensor otak dan memberitahukan hasil kepada pengguna. Kedua produk terakhir itu juga dilaporkan menjalankan fungsi pengurangi kekacaua dalam pikiran pengguna. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya