Mesin Apple Jadul Dihargai Rp11 Miliar

Apple-1 Machine
Sumber :
  • nydaily
VIVAnews
TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo
- Tak hanya produk anyar dari Apple saja yang menarik penggila gadget, melainkan produk usangnya pun masih menggoda untuk dimiliki. Seperti halnya sisa komputer pra-rakitan dari salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak.

Bang Jago Peras 3 Minimarket di Jakbar, Ngambil Barang Seenaknya tapi Gak Mau Bayar

Perangkat yang bernama Apple-1 ini dirancang langsung oleh Wozniak saat berada di garasi milik keluarga Steve Jobs di Los Altos, California, Amerika Serikat, pada musim panas tahun 1976.
Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik Jelang Lawan Korea Selatan


Diketahui, Wozniak dan Jobs merupakan para pendiri yang membuat Apple besar seperti saat ini. Bahkan keduanya mampu mempengaruhi perkembangan digital.


Dilansir Reuters, Kamis 23 Oktober 2014, Apple-1 berhasil dilelang oleh Rumah lelang Bonhams yang bertempat di New York. Harga jualnya mencapai US$905 ribu atau setara dengan Rp11 miliar. Hal tersebut jauh dari perkiraan sebelumnya. Pihak rumah lelang Bonhams hanya menargetkan sekitar US$300 ribu (Rp3,6 miliar) atau US$500 ribu (Rp6 miliar).


"Apple-1 itu tidah hanya inovatif tetapi merupakan kunci dasar dari revolusi digital," ujar Patricia Mooradian, Presiden yayasan Henry Ford, yang berhasil memenangkan pelelangan tersebut.


Direncanakan, Mooradian akan menampilkan perangkat tersebut dalam museum di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat.


Seperti yang diberitakan oleh Daily Mail, ada beberapa produk Apple pertama dijual di toko elektronik Byte Shop milik Paul Terrell. Setidaknya, ada 50 unit yang dijualnya masing-masing sekitar US$666,66.


Apple saat ini telah menjadi perusahaan besar dengan valuasi mencapai US$15 miliar atau sekitar US$102,23 per saham.


Produk-produk andalannya selalu menjadi tren dan mengubah budaya teknologi di masyarakat, sebut saja iPhone yang mengawali munculnya smartphone dengan layar sentuh, atau iPad yang mengawali tren tablet di dunia. Begitu pula dengan Macintosh dan iOS, sistem operasi eksklusif dari Apple.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya