Operator Korsel Tawarkan Akses Internet 10 Gbps

Serat optik
Sumber :
  • radioadelaidebreakfast.files.wordpress.com

VIVAnews - Saat beberapa negara masih berjuang meningkatkan kecepatan akses internetnya, Korea Selatan makin melesat jauh.

Salah satu operator telekomunikasi terbesar di Korea Selatan, SK Broadband, telah siap menyediakan layanan internet akses cepat dengan kecepatan 10 Gbps. Fantastis.

Melansir Digital Trends, Senin 20 Oktober 2014, operator broadband itu telah mengumumkan rencana menghadirkan layanan internet cepat pada pekan lalu.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Perusahaan mengatakan bakal unjuk gigi layanan andalannya pada pertemuan Plenipotentiary Conference ITU 2014 (PP-14) yang berlangsung Senin ini. Layanan internet SK Broadband itu disebutkan mampu memindahkan data 1 GB dalam sekejap, hanya 0,8 detik, berarti sama dengan dua kedipan mata.

SK Broadband tak hanya ingin mengumbar janji. Melalui booth mereka di arena konferensi, perusahaan memberi kesempatan kepada para pengunjung untuk merasakan pengalaman kecepatan internet 10 Gbps. Perusahaan juga mempersilakan pengunjung membandingkan dengan internet cepat itu dengan kecepatan rendah misalnya 100 Mbps.

Namun demikian, unjuk gigi di arena konferensi, kecepatan 10 Gbps itu tak berarti bakal hadir di rumahan atau kantor dalam waktu dekat. Belum jelas kapan layanan internet cepat itu bisa hadir di konsumen.

Saingi Google

Ngeri! Penampakan Angin Puting Beliung 'Hadang' Nelayan di Perairan Madura

Layanan yang dihadirkan SK Broadband itu setidaknya membuka persaingan yang menarik. Sebab Google juga telah mencanangkan layanan internet cepat.

Pada awal tahun ini, Chiel Financial Officer (CFO) Google Patrick Pichette, mengatakan, perusahaan sedang menyiapkan layanan transfer data 10 Gbps, sepuluh kali lipat dari layanan internet cepat Google yang ada saat ini, Google Fiber.

Teranyar, pada pekan lalu, Google juga terendus tengah mengajukan izin kepada Komisi Komunikasi Federal AS, untuk menggelar uji coba akses internet 6 Gbps.

Menurut laporan Akamai pada kuartal kedua 2014, Korea Selatan memang menjadi negara dengan rata-rata koneksi internet yang mengesankan. Kecepatan internet negara Ginseng ini menjadi koneksi internet tercepat dengan kecepatan rata-rata mencapai 24,6 Mbps.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Di tempat kedua adalah Hong Kong dengan kecepatan rata-rata 15,7 Mbps, dan AS hanya nangkring di peringkat 14 dengan kecepatan rata-rata 11,4 Mbps.

Dari data itu, berarti kecepatan yang ditawarkan SK Broadband hampir 407 kali lebih ngebut dibanding kecepatan rata-rata internet Korea Selatan. (art)

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Mantan Sespri Sekjen Kementerian Pertanian, Merdian Tri Hadi menyebut terdakwa Kasdi Subagyo sempat berkomunikasi dengan seseorang melalui video call.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024