Dalam Dua Tahun, Apple Bakal Pensiunkan Kartu SIM

Tampilan Apple SIM pada iPad Air 2
Sumber :
  • www.theverge.com

VIVAnews - Ada visi yang menarik dari Apple, saat meluncurkan rangkaian iPad terbarunya. Apple merasa benci dengan slot kartu SIM dan ingin menghilangkan slot yang dianggap tak begitu berfungsi.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Akhirnya, visi itu mulai terwujud pada rilis iPad Air 2 dan iPad mini 3 kemarin. Pada dua perangkat tablet itu, Apple memutuskan mulai membuat terobosan dengan menggunakan SIM yang dapat diprogram.

Melansir The Verge, Jumat 17 Oktober 2014, mekanisme ini memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu operator, jaringan dan rencana paket harga yang satu ke yang lain melalui SIM perangkat lunak yang ramah dengan pengguna.

Apple menyebut, cara SIM fleksibel baru itu dengan Apple SIM. Skema kartu SIM itu memudahkan pengguna untuk bisa beralih ke operator lain tanpa perlu repot mengganti kartu SIM. SIM disebutkan berupa peranti lunak yang sudah terinstal pada iPad Air 2 untuk versi Wi-Fi dan seluler dan iPad dan Mini 3.

Apple memang belum memberikan detail soal fitur dan cara baru itu, namun perusahaan memberikan sedikt gambaran.

"Apple SIM memberi penggguna fleksibilitas untuk memilih berbagai rencana jangka pendek dari operator tertentu di AS dan Inggris. Jadi, tiap kali pengguna membutuhkan, bisa memilih rencana terbaik," ujar Apple dalam deskripsi singkatnya.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Operator dan pasar terbatas

Selain terbatas pada dua pasar saja, hanya ada bebeapa operator saja yang sudah terinstal pada Apple SIM yaitu AT & T, T-Mobile, Sprint, dan EE (Inggris).

Dilaporkan dalam waktu dua tahun lagi, pengguna Apple mungkin tidak akan mendaoatkan kartu SIM pada produk kesayangan mereka.

Dalam hal terobosan kartu SIM, Apple memang telah menjadi pionir. Pada 2010 lalu, Apple merupakan vendor awal yang mengawali tren kartu SIM mini, atau micro SIM, yang mulai diaplikasikan pada iPad versi original.

Pada saat itu terobosan Apple itu direspons miring oleh pasar, sebab ekosistem perusahaan perangkat GSM dan operator telekomunikasi masih mengadopsi slot kartu yang masih dalam ukuran standar kartu SIM. Namun, pelan tapi pasti, operator telekomunikasi mulai menerima micro SIM.

Saat vendor lain tengah mulai menerima micro SIM, Apple sudah membenamkan kartu SIM mini itu pada produk iPhone 4.

Patut ditunggu, apakah visi Apple itu bakal mempensiunkan kartu SIM pada perangkat lain dalam waktu dekat ini. (asp)

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024