Apple Luncurkan iPad Air 2, Klaim Tablet Tertipis di Dunia

CEO Apple Tim Cook.
Sumber :
  • REUTERS/Robert Galbraith
VIVAnews - Sebulan setelah meluncurkan produk iPhone 6 dan iPhon 6 Plus, akhirnya Apple hadir dengan produk tablet terbaru. Perusahaan besutan mendiang Steve Jobs itu merilis iPad Air 2. Versi iPad terbaru ini hadir dengan desain 18 persen lebih tipis. 
Miliarder di Vietnam Dijatuhi Hukuman Mati Gegara Menipu Bank Rp 697 Triliun

Ketipisan iPad Air 2 hanya 6,1 mm, dari versi pendahulunya yang hadir dengan ketipisan 7,5 mm. Saking tipisnya tablet, CEO Apple Tim Cook sampai mengklaim iPad Air merupakan tablet dengan body tertipis di dunia. 
Segudang Prestasi Verrell Bramasta, Artis Muda yang Bakal Duduk di Kursi DPR RI

"Lihat betapa tipisnya itu. Bisakah Anda melihatnya?" kata Cook dalam peluncuran iPad Air, kemarin, dilansir Apple Insider, Jumat, 17 Oktober 2014.  
Ragunan Zoo Visitors Reach Over 65,000 during Eid Holidays

Seakan menjawab rumor yang berhembus sebelumnya, iPad Air 2 hadir dengan layar yang berlapis anti pantulan. Fitur ini mengurangi silau layar tablet sampai 56 persen dibanding iPad Air. Di pasaran, Apple mengatakan fitur anti pantul itu merupakan terendah di antara pasar tablet secara umum. 

Untuk fitur keamanan, iPad Air 2 hadir dengan fitur pemindai sidik jari, TouchID seperti pada iPhone. Ini merupakan debut fitur keamanan dalam versi iPad setelah sudah setahun belakangan diperkenalkan pada iPhone.  Fungsi pemindai ini juga sama yang ada di ponsel Apple, TouchID memungkinkan pengguna untuk mengotentifikasi ke iTunes dan pembelian di App Store. 

Fitur TouchID ini dilaporkan telah terintegrasi dengan Apple Pay, layanan pembayaran online Apple yang bakal tersedia pada 20 Oktober nanti. Integrasi itu memungkinkan pengguna belanja online aman cukup sekali sentuh di iPad. 

Chip super

Sebagai pendukung kinerja, iPad Air 2 dibenamkan chipset baru A8X yang memiliki performa 12 kali lebih cepat dari chipset A4 pada iPad original. Sedangkan kinerja grafis meningkat 180 kali lebih cepat. Chip yang dirancang khusus untuk iPad Air 2 itu mampu memasok daya 10 jam. Tablet teranyar Apple juga memiliki chip M8 yang mampu melacak gerakan dan sensor tekanan udara. 

Guna mendukung kebutuhan visualisasi, Apple menempatkan kamera utama 8 MP iSight pada iPad Air 2 yang mampu menghasilkan video HD 1080 piksel. Kemampuan ini disebutkan berkat chip A8X. iPad Air 2 juga mampu menangkap foto panorama hingga 43 MP, Burst Mode dan Timelapse serta video gerak lambat 120 frame per detik. 

Untuk koneksi, iPad Air 2 dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 ac dengan WiMo yang mampu memberikan kecepatan akses data hingga 866 Mbps. Jaringan LTE juga memungkinkan untuk ditingkatkan dengan 20 band, dan menawarkan kecepatan akses 150 Mbps. 

iPad Air 2 tersedia dalam pilihan warna silver dan emas. Fasilitas audio makin memanjakan pengguna dengan dual microphone yang ada di depan dan sisi perangkat.

Untuk banderol, iPad Air 2 dengan opsi hanya Wi-Fi dihargai US$499 untuk 16 GB, US$599 (64GB), US$699 (128 GB). Sedangkan versi Wi-Fi dan seluler, yaitu US$629 (16 GB), US$729 (64 GB) dan US$829 (128 GB).

Apple membuka pre-order iPad Air 2 mulai pekan ini dan dikirim pekan depan.  
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya