Panasonic Fokus Kembangkan Panel Surya untuk Rumah Tangga

Eneloope Solar Storage Panasonic
Sumber :
  • Vivanews/AgusTH
VIVAnews
Serius Berpolitik, Verrell Bramasta Mau Belajar ke Inggris Dulu Sebelum Dilantik Jadi Anggota DPR
- Berdasarkan data yang dimiliki Panasonic, di Indonesia masih ada sekitar 6.240 desa yang belum teraliri listrik. Untuk membantu pengaliran listrik tersebut, Panasonic memproduksi sebuah perangkat ramah lingkungan yang bisa menjadi jawabannya.

5 Senjata Militer Iran yang Bikin Israel Ketar-ketir, Punya Drone yang Jangkau 2.000 KM

Perangkat bernama Eneloope Solar Storage ini mampu menyimpan daya hingga 20 watt untuk menyalakan lampu. Dalam satu set, perangkat tersebut sudah termasuk alat penyimpan daya, solar panel, hingga dua buah lampu.
Ini 5 Sistem Pertahanan Udara Israel yang Bekerja Lembur Cegat Rudal Balistik Iran


"Keunggulannya, lebih praktis. Arti kata,
charger
-nya pakai (sinar) matahari," ujar Agus S selaku Marketing Panasonic Gobel Indonesia di Jakarta, Senin 13 Oktober 2014 kemarin.


Agus menambahkan, untuk men-
charge
-nya hanya butuh sekitar enam jam, yang nantinya bisa digunakan oleh dua lampu yang berkekuatan tiga watt dan enam watt secara bersamaan hingga 4-5 jam.


Selain itu, di perangkat tersebut juga tersedia dua slot USB yang difungsikan untuk mengisi daya ponsel. "Untuk smartphone bisa 2,5 kali charger, sedangkan seperti BlackBerry bisa charge hingga enam kali," jelas dia.


Eneloope Panel Storage ini memiliki empat slot baterai ukuran A2 di atasnya. Ini berfungsi sebagai pengganti daya dari solar panel yang habis.


Panasonic, dikatakan Agus, akan mengeluncurkan produknya itu pada tahun depan. Ketika ditanya harga yang akan ditawarkan, ia masih belum mengetahuinya.


"Karena saat ini perusahaan masih menghitung berapa harga yang sesuai untuk menjual Eneloope Solar Storage," ungkap dia.


Meskipun perangkat tersebut ramah lingkungan, ternyata seluruh komponennya diambil dari luar negeri. Hal ini disebabkan, pembuatannya difokuskan pada satu pabrik, yakni pabrik yang terdapat di Jepang.


Dalam kesempatan yang sama, Panasonic juga mengatakan rencananya untuk membangun pabrik solar panel di Indonesia. Pabrik solar panel itu akan menjadi pelengkap setelah Panasonic memiliki pabrik kulkas dan baterai di Indonesia.


"Pabrik solar panel itu akan menjadi solusi energi di Indonesia, meskipun sudah ada baterai kering dan baterai lithium," jelas Rachmat Gobel selaku Presiden Komisaris Panasonic Gobel Indonesia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya