Pendiri Facebook Kunjungi Candi Borobudur Sebagai Turis Biasa

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg
Sumber :
  • Facebook/Reuters
VIVAnews - Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg diam-diam melakukan kunjungan ke Candi Borobudur. Namun kunjungan salah satu anak muda terkaya di dunia itu tak diketahui pengelola Taman Wisata Candi Borobudur dan Balai Konservasi Borobudur. 
Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Diketahui kedatangan Zuckerberg ke Indonesia adalah dalam rangka menghadiri Internet.org Summit di Jakarta, Senin besok. 
Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah

Kepala Balai Konservasi Candi Borobudur, Marsis Sutopo menjelaskan, ia tidak mengetahui sama sekali terkait kunjungan dari pendiri Facebook itu. Lantaran sebelumnya juga tidak ada pemberitahuan soal kunjungan tersebut.
Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

"Kami malah tidak tahu kalau tadi  ada kunjungan pendiri Facebook. Tidak ada pemberitahuan juga terkait kunjungan dia. Mungkin dia datang ke Candi Borobudur sebagai wisatawan biasa, " ujar dia melalui sambungan telepon, Minggu, 12 Oktober 2014.

Dijelaskannya, biasanya bila ada kunjungan tamu VVIP tamu kenegaraan, seperti kepala negara, menteri dari negara lain, tamu negara maupun duta besar, Balai Konservasi Borobudur pasti akan ada pemberitahuan sebelumnya ke pihak balai konservasi.

"Mungkin karena ini bukan tamu kenegaraan ya, jadi nggak ada pemberitahuan, " katanya. 

VIVAnews mencoba menghubungi Kepala Satuan Pengawas Intern PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Muchlis. Senada dengan Marsis, ia pun mengaku tidak mengetahui terkait kunjungan orang nomor satu di Facebook itu untuk menikmati mahatari terbit di Candi Borobudur.

"Kalau dia bisa melihat sunrise di Borobudur berarti dia melalui Manohara (hotel) atau Amanjiwo (hotel). Tidak ada pemberitahuan kepada taman wisata terkait kunjungannya itu," ujarnya.

Dengan demikian, ia pun menyimpulkan, Mark Zuckerberg itu datang ke Borobudur sebagai pengunjung biasa.

"Karena tidak ada pemberitahuan itu, bisa jadi sebagai pengunjung biasa," kata dia. 

Sebagaimana diketahui Mark Zuckerberg memamerkan foto kunjungannya ke Candi Borobudur. Foto itu terlihat di akun Facebooknya. 

"Baru saja sampai di Indonesia, langsung ke Borobudur untuk melihat matahari terbit," tulis pria yang akrab disapa Zuck ini dalam akun Facebook resminya, Minggu, 12 Oktober 2014. (ms)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya