TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Pendiri Facebook Sambangi Jakarta Pekan Depan

Datang ke Indonesia terkait kampanye Internet.org
Pendiri Facebook Sambangi Jakarta Pekan Depan
Bos Facebook, Mark Zuckerberg (Reuters)

VIVAnews - Bila tak ada halangan, Mark Zuckerberg kunjungi Indonesia Senin 13 Oktober 2014. Pendiri jejaring sosial dengan total pengguna 1,28 miliar tersebut akan menghadiri serangkaian acara di Jakarta.

Menurut sumber yang tidak bersedia disebutkan namanya, Zuckerberg akan berkunjung ke Indonesia setelah menghadiri acara Internet.org Summit di New Delhi, India pada Kamis 10 Oktober 2014.

Dia datang ke Indonesia terkait kampanye Internet.org pada Senin 13 Oktober besok.

"Memang rencananya demikian, Mark akan datang. Dia akan memberikan presentasi dan nanti ada sesi dengan media. Awalnya dia akan presentasi saja, tapi karena ada permintaan dengan media, ya sesi itu untuk mengakomodasi saja," ujar sumber itu kepada VIVAnews, Sabtu 11 Oktober 2014.

Berdasarkan surat undangan yang diterima VIVAnews, Mark akan datang bersama perwakilan Ericsson dan XL untuk acara Internet.org Developer Workshop, yang akan diadakan di Jakarta, Senin 13 Oktober nanti. Facebook, Ericsson dan XL akan hadir untuk menyampaikan pandangan mereka dan berdiskusi mengenai efisiensi jaringan dan data.

Acara tersebut bertujuan untuk memungkinkan para developer menguji dan memprofilkan aplikasi dengan penggunaan jaringan yang efisien secara langsung untuk memastikan aplikasi-aplikasi ini dioptimalkan untuk kondisi jaringan di negara-negara berkembang.

Adapun, Internet.org telah bekerja sama dengan banyak rekan sejak pertama kali diumumkan tahun lalu untuk menyediakan akses internet bagi semua orang di dunia.

Facebook bersama dengan lima perusahaan lainnya di bawah payung Internet.org, sebuah kolaborasi global yang berdedikasi untuk menyediakan akses internet di dua-pertiga bagian dunia yang belum terhubung dengan internet, memusatkan perhatiannya pada sejumlah tantangan-tantangan utama di negara-negara berkembang.

Salah satu diantaranya, adalah pemanfaatan data atau jaringan internet yang lebih efisien dan kerja sama industri untuk secara signifikan mengurangi jumlah data dan sinyal yang diperlukan dalam menggunakan kebanyakan aplikasi dan mengakses pengalaman internet lainnya.

Internet.org sendiri merupakan aplikasi yang menyediakan web dasar gratis untuk setiap pelanggan operator telekomunikasi Airtel. Organisasi nirlaba tersebut ingin mengenalkan kehidupan dunia di luar negaranya secara cepat dengan mengakses internet.

Program Percontohan

Mengutip Wall Street Journal, aplikasi Internet.org ini dirancang untuk bekerja di ponsel Android low-end dan ponsel fitur.

Berdasarkan data yang dimiliki Internet.org, hanya 30 persen warga dunia  yang bisa mengakses internet, sedangkan 85 persen hidup di daerah dengan cakupan selular minim.

Belum lama ini, organisasi nirlaba itu meluncurkan program percontohan di Forest City, North Carolina, kota yang sama dengan pusat data utama Facebook. Di sana Internet.org mendirikan rumah untuk memungkinkan para siswa dapat menikmati internet secara cuma-cuma.

Dengan adanya langkah tersebut, Facebook akan mengalami pertumbuhan pengguna. Di kuartal terakhir, jejaring sosial hasil garapan Mark Zuckerberg naik sekitar 40 juta pengguna aktif tiap bulannya.

Mayoritas pengguna berasal dari Amerika Utara dan Eropa. Sedangkan untuk negara berkembang, Facebook mempunyai kesempatan untuk menjadi salah satu pengalaman pertama bagi pengguna di internet. (ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP