Tips Cegah Malware Mac OS X yang Ancam Pengguna Internet

Ilustrasi ransomware/malware.
Sumber :
  • uk.reuters.com
VIVAnews - Kaspersky mengeluarkan laporan terbaru mengenai ancaman program jahat (malware) yang menyerang perangkat Mac OS X. Menurut data Kaspersky Security Network, para pengguna aktif internet menemukan malware dalam sebuah perangkat Mac OS X setidaknya 10 kali dalam setahun. 
Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Kaspersky Lab, dalam keterangan tertulis hari ini, menyebutkan dalam 8 bulan pertama 2014, Kaspersky Lab mencatat hampir 1000 serangan unik menyerang perangkat Mac. Laboratorium ini menambahkan telah mengumpulkan 1800 sampel malware dari berkas Mac OS X. 
Dukcapil Jakarta Sebut 8,3 Juta Warga Akan Ganti KTP Saat DKI Berubah Jadi DKJ

Disebutkan beberapa malware yang menonjol yaitu Callme backdoor, yang memberikan akses ke dalam sistem bagi para penjahat siber, dengan fungsi tambahannya yaitu mencuri kontak pemilik Mac. 
KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Backdoor yang lainnya, Laoshu, yang bekerjasama dengan developer terpercaya, mendistribusikan malware tersebut melalui AppStore. Laoshu berfungsi memotret layar setiap menit. Malware yang juga tak kalah populernya yaitu Ventir, yang menyediakan fungsi kendali jarak jauh tersembuyi dan bisa mengunci tombol. 

Dalam koleksi Kaspersky Lab ini juga terdapat Phone spy, yaitu file enkriptor pertama untuk OS X dan malware pencuri Bitcoin pertama untuk OS X.

"Potensi sebesar 3% bahwa komputer Mac OS X dapat terinfeksi," kata Pimpinan dan CEO Kaspersky Lab, Eugene Kaspersky.

Eugene mengatakan dalam 4 tahun terakhir ini, bentangan ancaman Mac telah berubah secara signifikan, dari kasus terisolasi hingga wabah global yang disebabkan oleh Flashback worm, yang mana 700,000 perangkat Mac terinfeksi di seluruh dunia pada tahun 2011.

"Itu merupakan titik puncaknya. Setelah itu kami melihat ratusan program jahat baru untuk perangkat-perangkat Mac setiap tahunnya. Selain itu, Mac OS X pernah menjadi fokus pemberitaan operasi mata-mata seperti The Mask/Careto dan Icefog,“ kata Eugene Kaspersky.

Menurut data Kaspersky Lab, pengguna di Amerika Serikat dan Jerman merupakan pengguna yang paling banyak mendapatkan serangan sepanjang 2013-2014. Jumlah serangan mencapai 66 ribu deteksi di kedua negara tersebut. 

Sementara daftar lima negara selanjutnya yang mendapatkan serangan terbanyak yaitu Inggirs Raya, Kanada, Spanyol, Italia dan Australia. Lima negara itu terdeteksi 7700 jumlah serangan. 

Tips Keamanan 

Untuk itu, Kaspersky merilis 10 tips mudah untuk meningkatkan keamanan pada Mac pengguna, yaitu :    

1. Buat akun non-admin untuk kegiatan sehari-hari.

2. Gunakan web browser yang mengandung sandbox dan memiliki track record yang kuat dalam memperbaiki isu-isu keamanan,

3. Hapus instalasi Flash-Player yang berdiri sendiri.

4. Hapus instalasi Java dari sistem Anda.

5. Jalankan “Software Update” dan segera update sistem ketika pembaharuan tersedia.

6. Gunakan pengaturan kata sandi untuk membantu mengatasi serangan phishing.

7. Matikan IPv6, AirPort dan Bluetooth ketika tidak dibutuhkan.

8. Aktifkan seluruh penggunaan sandi.

9. Perbaharui versi terbaru dari Adobe Reader.

10.Pasang solusi keamanan yang baik.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya