Soal Iklan Serobot

ATSI: Justru Mereka yang Memanfaatkan Jaringan Kami

Contoh Iklan Interstitial
Sumber :
  • idEA

VIVAnews - Terkait dengan penolakan iklan serobot yang dilakukan operator telekomunikasi Telkomsel dan XL, Asosiasi Penyedia Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) justru menuduh balik para pebisnis digital itu telah memanfaatkan populasi pelanggan operator.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

ATSI menganggap, jika operator justru telah memfasilitasi, sehingga mereka dapat menjangkau pelanggan operator telekomunikasi.

"Di sisi lain, operator telekomunikasi telah memfasilitasi para pelaku e-Commerce dan bisnis online, sehingga dapat menjangkau pelanggan operator telekomunikasi dalam bentuk penyediaan akses," kata Ketua Umum ATSI, Alexander Rusli, dalam keterangannya, Rabu 1 Oktober 2014.

Menurut Alex, layanan commercial advertising yang ada di situs online tetap berjalan dan berkembang, tanpa adanya kerja sama formal dari kedua belah pihak, yaitu penyedia jaringan dan pemilik situs.

Padahal, ia mencontohkan, praktik layanan advertising pada umumnya, pemasang iklan mengikat kontrak dengan pemilik media/saluran (TV, radio, suratkabar, atau pemilik jaringan dan lainnya).

"Seyogyanya, hal demikian juga berlaku terhadap operator telekomunikasi," kata dia.
 
Menjawab adanya anggapan bahwa layanan Interstitial & Off Deck Mobile Advertising oleh operator telekomunikasi ditengarai melanggar UU ITE pasal 32 (1) dan UU Perlindungan Konsumen pasal  20) , Alex menyatakan bahwa hal itu tidak benar.

"Faktanya, interstitial dan off deck advertising tidak mengubah, tidak menambah, maupun tidak mengurangi arah tujuan situs pelanggan dan konten situs. Selain itu, masing-masing pemasang iklan bertanggung jawab atas konten iklan yang diselenggarakannya," kata dia.
 
Bahkan, bantahan juga dilontarkan oleh ATSI terkait dengan tuduhan iklan yang mengganggu, atau intrusive advertising. ATSI secara tegas menolak pendapat tersebut.

"Dalam interstitial atau off deck, operator telekomunikasi tidak melakukan intrusi terhadap iklan dari pelaku e-Commerce dan bisnis online, tidak juga terhadap pelanggan operator telekomunikasi," katanya.

Dalam mobile advertising, kata Alex, operator telekomunikasi bahkan telah berbaik hati memberi saluran iklan bagi pelaku e-Commerce dan bisnis online untuk menjangkau pelanggan operator telekomunikasi.
 
Namun begitu, Alex menyatakan bahwa ATSI selalu terbuka untuk berdiskusi lebih lanjut dengan iDEA dan IDA demi tercapainya kesamaan pemahaman dan pandangan atas penyelenggaraan layanan mobile advertising ini.

"Tentunya, dengan dengan semangat serta itikad baik, seluruh anggota ATSI siap untuk melakukan kerja sama yang saling menguntungkan," ujar dia. (asp)

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024