Minyak Zaitun Cegah Gagal Jantung

Minyak zaitun
Sumber :
VIVAnews
Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout
- Ilmuwan menemukan khasiat terbaru dari minyak zaitun, yaitu mencegah gagal jantung. Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan, minyak zaitun membantuk otot yang terkontaminasi penyakit untuk bisa memompa darah secara lebih efektif.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Sejak lama, minyak zaitun memang dipercaya mampu membuat sehat para penduduk Mediterania dan digunakan dalam diet. Sayangnya, tidak ada penjelasan pasti apa yang membuat diet ala mediterania itu sukses.
Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak


Sekarang, peneliti telah menemukannya. Tim yang berasal dari University of Illinois menemukan, jika terdapat senyawa bernama Oleate di dalam minyak zaitun. Oleate merupakan lemak yang biasa terdapat di minyak zaitun. Senyawa itu mampu mengubah lemak tubuh menjadi energi untuk memompa jantung.


Jantung yang baik meresap lemak untuk tetap bisa melakukan pemompaan. Namun, ketika jantung mulai rusak, ia tidak bisa lagi memproses, atau menyimpan lemak. Jantung pun akan kehabisan energi untuk bergerak.


Tak hanya kehabisan energi dan tidak bisa bekerja dengan baik, racun lemak yang tidak bisa diserap akan tetap tertinggal dalam tubuh dan berpotensi menyumbat pembuluh darah.


Oleate bisa menjadi gen pemicu yang memproduksi enzim. Dia bisa memecah lemak sehingga dapat diterima oleh hati.


"Gen ini dapat membantu mencegah kegagalan jantung. Nyatanya, kita bisa mengembalikan gen yang menguntungkan tubuh, menyeimbangkan metabolisme lemak, sekaligus mengurangi racun pada lemak, hanya dengan menyuplai oleate ke dalam tubuh," ujar Douglas Lewandowski, seperti dikutip dari
Telegraph
, Rabu 1 Oktober 2014.


Secara keseluruhan, kata Lewandowski, ini membuktikan teori jika konsumsi lemak sehat bisa memberikan efek yang positif pada kesehatan jantung.


Sekitar 750 ribu orang di Inggris menderita gagal jantung, dengan 27 ribu kasus baru muncul tiap tahunnya. Gejala yang muncul biasanya adalah susah napas, lelah, pergelangan kaki bengkak dan penurunan berat badan.



Diet Mediterania


Studi yang dilakukan sebelumnya menyatakan, jika diet ketat dengan minyak zaitun dapat efektif menipiskan lemak dalam tubuh dan mengurangi resiko serangan jantung. Diet dengan mengandalkan minyak zaitun ini dikenal dengan nama diet mediterania.


Peneliti di Barcelona menemukan, jika responden yang melakukan diet mediterania tidak memiliki resiko serangan jantung, atau stroke dalam kurun lima tahun ke depan. Hal ini, lebih menguntungkan ketimbang diet rendah lemak.


Bahkan, sebanyak 50 studi yang telah dilakukan para peneliti di 2011 menemukan, jika diet minyak zaitun bisa mengurangi resiko diabetes, kegemukan, dan tekanan darah tinggi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya