eBay Bakal Lepas PayPal

Country Manager eBay India, Muralikrishnan B
Sumber :
  • REUTERS/ Vivek Prakash
VIVAnews
Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
- Situs e-Commerce eBay berencana untuk melepas sistem pembayaran miliknya, PayPal. Ini merupakan strategi terbaru eBay setelah sebelumnya sempat menolak melepas PayPal.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Dilansir melalui
Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!
BBC , Rabu 1 Oktober 2014, pemisahan PayPal dari eBay ini diharapkan akan segera rampung di paruh kedua tahun 2015. Saham eBay diperkirakan akan naik 7,5 persen.


Menurut data BBC, revenue PayPal meningkat 19 persen setiap tahunnya. Pertumbuhan ini mencapai dua kali lipat lebih cepat dibanding revenue eBay. Revenue tahunan PayPal sekitar US$7,2 miliar, sedangkan eBay US$9,9 miliar dengan pertumbuhan 10 persen per tahun.


Sistem pembayaran online ini telah tersedia di lebih dari 200 negara di dunia dan diharapkan akan berkontribusi sekitar 1 miliar transaksi pembayaran mobile tahun ini.


"Setelah melalui
review
mendalam dan strategis, kami prediksi jika eBay mempertahankan kebersamaaannya dengan PayPal, ke depannya akan menjadi tidak menguntungkan bagi tiap lini bisnis, baik secara strategis maupun kompetitif," kata CEO eBay, John Donahue.


Desakan Investor


Sebelumnya, investor Carl Icahn telah melakukan penekanan kepada eBay untuk menjual PayPal. Sayangnya, usulan itu perlahan menghilang karena tak ada dukungan dari dewan komisaris eBay.


Analis menyambut positif langkah perpisahan ini. Menurut analis, ini akan memperkuat posisi PayPal sebagai sistem e-payment untuk menghadapi tantangan dari Apple Pay dan Alipay Alibaba. Kedua dikabarkan akan memasuki pasar tahun depan.


"Perpisahan ini akan memberikan otonomi untuk bersaing di bisnis pembayaran. Kami prediksi di Amerika, bisnis mobile payment menggunakan smartphone akan mencapai US$3,5 miliar sampai akhir 2014 dan meningkat terus sampai 2018 menjadi US$118 miliar.


eBay membeli PayPal pada 2002 senilai US$1,5 miliar. Saat ini PayPal telah menjadi bisnis eBay dengan pertumbuhan tercepat.


PayPal memiliki 143 juta pengguna aktif sampai akhir 2013 lalu, atau naik 16 persen dibanding tahun sebelumnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya