Tiongkok Blokir Instagram, Istri Presiden Malah Posting Foto

Massa demonstrasi di Hong Kong.
Sumber :
  • Radio BBC

VIVAnews - Pemerintah Tiongkok memblokir Instagram sebagai langkah untuk menekan demokrasi di Hong Kong. Pemblokiran ini terjadi sejak Senin kemarin.

Dilansir melalui PC World, Selasa 30 September 2014, Instagram merupakan satu-satunya jejaring sosial yang lolos dari pemblokiran di negara yang dikenal dengan nama Great Firewall itu. Namun kemarin, seiring dengan semakin derasnya aksi protes di Hong Kong, Instagram pun diblokir.

Jejaring sosial berbagi foto milik Facebook itu menjadi salah satu dari sekian banyak situs yang diblokir di Tiongkok. Para penggunanya mulai melaporkan sulitnya mengakses Instagram di negara itu. Di Beijing dilaporkan, pengguna tidak lagi bisa me-loading postingan terbaru di aplikasi tersebut.

Dalam emailnya, Instagram mengatakan bahwa mereka menyadari adanya pemblokiran ini melalui laporan yang masuk. 'Para pengguna mengalami kesulitan mengakses Instagram dan mereka mencari cara untuk itu," tulis pihak Instagram.

Pemerintah Tiongkok sendiri tidak pernah berkomentar dan memberikan alasan terkait dengan pemblokiran produk internet ini. Mereka hanya mengatakan jika dalam kondisi tertentu, aplikasi-aplikasi yang ada di internet itu cenderung melanggar hukum.

Pengguna internet di Tiongkok menganggap jika pemblokiran Instagram merupakan cara Tiongkok untuk menghentikan aksi protes pro-demokrasi di Hong Kong yang ingin memisahkan diri dari Tiongkok.

Sebelum Instagram diblokir, banyak foto-foto memperlihatkan aksi protes menyebar secara online. Video dan foto itu menunjukkan terjadi bentrokan antara pendemo dengan polisi yan berujung pada penggunaan gas air mata ke arah massa.

Baidu dan Sina Weibo pun mendapat teguran serupa untuk memblokir segala yang berhubungan dengan aksi polisi menghadapi pendemo. Baidu mengakui adanya permintaan pemerintah Tiongkok untuk menyensor foto dan video atau postingan artikel terkait 'Hong Kong Tear Gas'.

KakaoTalk dan Line melaporkan adanya gangguan layanan di hari protes diadakan. Sedangkan Facebook dan Twitter memang telah lama diblokir di negara itu.

Instagram dan Istri Xi Jinping

Meski diblokir, istri presiden Tiongkok, Peng Liyuan justru memamerkan sebuah foto di hari pertama Instagram diblokir. Dalam foto yang diposting 29 September itu, terdapat sebuah foto yang memperlihatkan dia dan sang suami sedang berdiri di depan sebuah rumah.

Foto-foto lain yang biasa diposting Liyuan di Instagram mendapatkan komen dan like tidak lebih 400. Namun untuk foto yang satu ini, komentatornya mencapai 1.000, demikian juga dengan Like-nya.

Belum bisa dipastikan apakah postingan ini berasal dari admin yang bertanggung jawab terhadap akun Wanita Pertama di Tiongkok itu atau akunnya di-hack. Namun yang pasti, akun tersebut memang akun resmi Peng Liyuan.

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok
Dokter sekaligus influencer, Qin Huilan tampil di ajang Paris Fashion Week.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Di usia yang tak muda lagi, Qin Huilan baru saja memulai debut di runway Paris Fashion Week. Qin Huilan berjalan di peragaan busana Miu Miu Fall/Winter 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024