Awas! Muncul Celah yang Lebih Berbahaya dari Heartbleed

Heartbleed
Sumber :
  • googleusercontent.com
VIVAnews - Beberapa bulan lalu, dunia teknologi dikejutkan dengan adanya celah keamanan Heartbleed pada jutaan situs web. Namun, kini, pengguna internet mungkin harus lebih waspada, karena saat ini telah ditemukan sebuah bug atau celah kerusakan bernama Bash atau Shellshock. Kerusakan ini diklaim lebih berbahaya dari Heartbleed.
Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh

Seperti yang diberitakan oleh laman Bgr.com, Jumat 26 September 2014, bug tersebut memungkinkan untuk mempengaruhi perangkat yang terkoneksi ke internet dari komputer tersebut dan bila sudah teracuni, maka perangkat tersebut tidak mudah untuk diperbaiki.
Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Kerentanan ini berpotensi menjadi masalah yang sangat besar," ungkap manajer perusahaan keamanan Rapid 7, Tod Beardsley.
Disebut Hard Gumay Bakal Berjodoh dengan Mayor Teddy, Fuji: Aneh Banget Sumpah!

Beardsley menambahkan, perangkat lunak yang sudah teracuni oleh Bash, maka penyerangnya dapat menggunakan celah ini, yang dikendalikan dari jarak jauh melalui berbagai server web.

"Penyerangnya dapat berpotensi mengambil alih sistem operasi, mengakses informasi rahasia, dan membuat perubahan sistem penggunanya," jelas dia.

Bash ini dapat mempengaruhi dari berbagai sistem operasi seperti Windows, OS X, dan perangkat lainnya.

Menurut ahli keamanan, Robert Graham, Bash ini lebih berbahaya ketimbang Heartbleed, karena dapat berinteraksi dengan perangkat lunak tanpa diduga-duga, mempengaruhi jaringan, dan tidak terdeteksi oleh sistem keamanan.

"Dan kebanyakan dari perangkat yang teracuni, tidak dapat ditambal. Anda mungkin kacau," ucap Graham. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya