Fosil Mammoth Ini Dilelang Seharga Rp4,9 Miliar

Fosil mammoth
Sumber :
  • dailymail.co.uk
VIVAnews -
Bantu Kembalikan Uang Rp100 Juta Milik Pemudik, Aiptu Supriyanto Dapat Hadiah Sekolah Perwira
Summer Place Auctions, sebuah tempat pelelangan mencoba menarik perhatian para kolektor dengan menjual sebuah fosil mammoth berbulu yang hidup di zaman es.

Gunung Ruang di Sulawesi Utara Meletus, 828 Warga Dievakuasi

Pelelangan akan berlangsung 26 November 2014. Diperkirakan harga penjualan fosil akan melejit hingga 250 ribu poundsterling atau sekitar Rp4,9 miliar.
Moody's Pertahankan Sovereign Credit Rating RI Baa2, Gubernur BI: Bentuk Kepercayaan Internasional


Sebelumnya, Summer Place Auctions pada tahun lalu sukses menjual kerangka Diplodocus dengan harga 400 ribu poundsterling atau setara dengan Rp7,8 miliar. [Baca ]


"Kerangka (fosil mammoth) hampir lengkap dan langka. Ini adalah kerangka luar biasa dengan kondisi yang masih bagus," ujar Rupert van Der Werff, Direktur Summers Place Auctions seperti diberitakan
Daily Mail
, Rabu 24 September 2014.


Kerangka dari leluhur gajah itu hampir lengkap dengan adanya gading serta bulu. Mammoth yang mempunyai tinggi sekitar 11,4 kaki (3,5 meter) dan panjang 18 kaki (5,5 meter) itu diharapkan dapat menggoda para kolektor.


"Segala macam kolektor pun berminat, seperti aktor terkenal John Travolta dan Leonardo DiCaprio," katanya.


James Rylands, dari Summers Place Auctions, juga mengatakan fosil ini sungguh mengesankan dengan masih adanya gading yang ditemukan bersamaan dengan tubuh mammoth tersebut.


"Apa yang luar biasa untuk hewan satu ini adalah lengkapnya dua taring megah. Ini terlihat mengesankan dengan gading sekitar 8 kaki (2,4 meter). Ini lebih besar dari gajah," kata dia.


Diyakini, mammoth berbulu yang mempunyai berat sekitar enam ton itu telah hidup berkelana sekitar 10 ribu tahun lalu, serta menjelajahi daerah Eurosia utara dan Amerika Utara.


Para peneliti juga mempercayai bahwa hewan itu selalu menjadi target buruan bagi manusia purba untuk dijadikan makanan, dan tulang dan gadingnya dimanfaatkan sebagai seni. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya