Berawal dari Guru Bahasa Inggris, Jack Ma Sukses Jadi Miliarder

Jack Ma Yun, CEO Alibaba di World Economic Forum 2008
Sumber :
  • Wikimedia Commons

VIVAnews - Akhir pekan lalu, perusahaan e-commerce asal Tiongkok, Alibaba, pertama kalinya memulai debut di lantai Bursa New York.

Jumlah kekayaan pendiri Alibaba, Jack Ma, melonjak drastis. Hasil pencatatan saham perdana atau initial  public offering (IPO) Alibaba membuat kekayaan Ma melonjak melebihi US$16 miliar. Ma kini dinobatkan menjadi orang terkaya di Tiongkok.

Dikutip dari laman Forbes, Selasa 23 September 2014, Ma harus melewati sejumlah perjuangan untuk bisa meraih kesuksesan seperti yang dimilikinya saat ini. Ma ingin membangunkan warga AS bahwa bangsa Tiongkok masih bisa menorehkan prestasi.

Ma dibesarkan di New England, kawasan di timur laut Amerika Serikat yang relatif sedikit berhubungan ke Tiongkok, dibanding ke California. Sebelumnya dia tinggal di Beijing selama belasan tahun.

Tinggal di AS, membuat dia mengerti, bahwa ada banyak alasan mengapa AS tidak tertarik dengan Tiongkok. Banyak perusahaan AS percaya bahwa pemerintah Tiongkok tidak akan memperlakukan mereka dengan adil.

Partai Komunis juga memberlakukan sensor dan membatasi agama. Bahkan dalam pembicaraan bercanda pun, orang AS akan kesulitan memanggil nama orang Tiongkok yang tidak memiliki suara aksen Bahasa Inggris.

Hal itulah yang menyebabkan Ma pada tahun lalu, mengganti nama depannya menggunakan nama dalam Bahasa Inggris yang mudah untuk diucapkan, yakni Jack.

Dia mengatakan, rekor IPO Alibaba di lantai Bursa New York pada Jumat akhir pekan lalu, adalah untuk membangunkan Amerika Serikat agar lebih memperhatikan apa yang sedang terjadi di dunia dan bagaimana Tiongkok di masa depan.

Menurutnya, prestasi Tiongkok menjadi nomor 1 di dunia dalam beberapa hal telah ada sejak lama. Booming internet di Tiongkok yang mendorong Ma dinobatkan menjadi orang terkaya di Negeri Tirai Bambu dalam daftar Forbes adalah salah satunya.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia



Sejauh ini, Tiongkok memang memiliki jumlah yang terbesar pada pengguna internet dan ponsel di dunia. Sejak 1990, dunia digital telah tumbuh di warga Tionghoa. Mereka terus merangkul teknologi baru dan mencari kekayaan di bidang itu. Pemikiran mereka bebas dan mereka terus menciptakan generasi Tiongkok yang berpendidikan.

Menurutnya, ada begitu besar kesempatan negara dengan demografis yang besar ini untuk mengubah dunia bisnis.  

Dia mengatakan, meskipun memiliki beberapa masalah, tetapi perekonomian Tiongkok masih menduduki kedua terbesar di dunia. Mengingat pasar domestik yang besar dan tabungan, negara ini dipercaya mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang.

Dari London ke Seattle, imbuhnya, Tiongkok daratan memiliki dampak yang besar pada pasar real estate. Selain itu, wisatawan muncul sebagai kekuatan besar.

Memiliki ambisi sukses
 
Jack Ma menilai pecahnya rekor IPO Alibaba juga menggarisbawahi sifat lain dari bangsa Tiongkok, yakni memiliki ambisi untuk sukses.

Jack Ma memulai karirnya sebagai guru bahasa Inggris di sebuah kota wisata Tiongkok, Hangzhou, dan akhirnya sukses membangun e-commerce terbesar di Tiongkok.

Dia mengaku, memiliki pemikiran ke depan yang lebih jauh, membangun tata kelola perusahaan yang baik, melakukan akuisisi, menyerap dan menikmati setiap tantangan dan hambatan yang dihadapi, serta berpikir perusahaan harus terus berjalan dan maju. Ma memiliki tekad yang besar untuk sukses menekuni bisnisnya.

Dengan kesuksesannya, Ma ingin menunjukkan eksistensi perekonomian Tiongkok dan kebangkitan negara itu.

Dia menambahkan gambaran terkait AS dan Tiongkok: AS, menjadi satu negara debitur terbesar di dunia, menjalankan defisit perdagangan besar, tetapi tidak memiliki kepemimpinan nasional yang kuat, dan telah berjuang untuk memperluas ekonominya.

Sementara Tiongkok, memiliki surplus perdagangan yang besar, berkemungkinan besar memiliki pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan ke depan, memiliki pemimpin politik yang fokus, dan memiliki visi jangka panjang untuk menjadi negara teratas di dunia.

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024