Public Alert, Peringatan Bencana ala Google

Google Public Alert
Sumber :
  • Google
VIVAnews
Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR
- Indonesia merupakan wilayah yang kerap kali dilalui bencana, mulai dari gempa bumi hingga tsunami. Selain itu Indonesia juga sudah tidak asing dengan berbagai dampak yang disebabkan oleh kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

Dalam situasi krisis itu, ketersediaan informasi yang bermanfaat untuk banyak orang sangatlah penting. Untuk itu, Google meluncurkan
Viral! Bawa Kabur Motor Kurir yang Sedang Antar Paket, Pelaku Babak Belur Dihajar Warga
Google Public Alerts dan
Crisis Map
untuk Indonesia. Demikian dikutip dari keterangan tertulis Google kepada
VIVAnews
, Selasa 23 September 2014.


Google Public Alerts
dirancang untuk memberikan peringatan darurat yang akurat dan relevan pada waktu dan tempat yang dibutuhkan. Ke depan, peringatan untuk gempa bumi dan tsunami akan ditampilkan di halaman
Google Public Alerts
yang ada di Google Search, Google Maps dan Google Now.


Dengan
Public Alerts
ini, saat terjadi tsunami, bila melakukan pencarian untuk informasi yang berhubungan dengan tsunami di Google Search atau Maps pada desktop atau perangkat seluler, akan mendapatkan peringatan.


Peringatan itu dapat tersaji dengan lebih detail, meliputi wilayah-wilayah yang diproyeksikan akan terkena dampaknya, estimasi waktu datangnya tsunami, tinggi gelombang, dan berbagai saran untuk mengamankan diri, jika pengguna mengklik informasi ini.


Tampilan
Public Alerts
ini akan berbeda pada tampilan versi mobile. Pada perangkat Android dan iOS, Google Now akan menampilkan sebuah kartu dengan informasi peringatan dan instruksi evakuasi untuk para pengguna yang berlokasi di wilayah yang terkena dampak.


Tak hanya mengandalkan tampilan data dan grafis aja pada ponsel pintar saja. Untuk pertama kalinya, dengan menggandeng operator telekomunikasi, Google memperluas jangkauan peringatan penting melalui ponsel fitur. 

Pelanggan Indosat dapat mengakses peringatan-peringatan ini dengan mengirimkan pesan singkat *123*77# dari nomer Indosat mereka dan mengikuti petunjuk yang ada.


Google menegaskan kehadiran informasi mengenai bencana dan kondisi cuaca itu tersedia berkat data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (ms)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya