NASA Pasok Printer 3D ke Luar Angkasa

Printer 3D Nasa untuk ISS
Sumber :
  • Nasa.gov
VIVAnews
Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan
- Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) akan kedatangan printer 3D pertamanya minggu ini. Printer tersebut diberikan ke ISS dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Jika terealisasi maka alat elektronik tersebut maka akan menjadi akases printer yang pertama yang ada di ISS. Direncanakan, printer 3D bernama Zero-G printer itu akan dimanfaatkan sebagai salah satu perlengkapan yang akan menunjang kegiatan di ruang angkasa.
Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa


"Memenuhi permintaan kebutuhan di ruang angkasa dapat merevolusi pasokan peralatan kita yang terbatas dan ini (Zero-G printer) penting untuk misi eksplorasi ruang angkasa (ke depannya)," kata Niki Werkheiser seorang manajer NASA dilansir
Mashable
, Senin, 22 September 2014.


Zero-G printer dirancang khusus untuk membantu penelitian dan mempelajari tentang bagaimana proses kinerja di gravitasi nol. Dalam pembuatannya, NASA bekerjasama dengan
startup
Made in Space untuk proyek tersebut.


Pasokan printer 3D untuk kebutuhan para astronaut itu telah dijadwalkan meluncur pada hari Sabtu kemarin. Namun, peluncuran itu diundur karena kondisi cuaca di hari tersebut yang tidak memungkinkan.


Diketahui, Zero-G printer itu menjadi jawaban dari permasalahan untuk mengatasi limbah plastik yang banyak digunakan para astronaut dalam menjalankan misinya. Dengan adanya printer 3D, para astronaut bisa mendaur ulang limbah itu untuk dimanfaatkan kembali.


Pihak Made in Space sendiri mengatakan di masa mendatang, printer canggih itu akan digunakan lebih banyak lagi yang berkemampuan membantu misi ruang angkasa. (ms)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya