QuickType dan Family Sharing di iOS 8

Apple luncurkan iphone 6
Sumber :
  • REUTERS/Stephen Lam
VIVAnews
Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang
- Meski peminat iPhone 6 baru bisa merasakan fisik smarpthone ini pada Oktober nanti, namun untuk merasakan fiturnya, bisa dilakukan melalui iOS 8. Sistem operasi ini telah diluncurkan dan bisa langsung di download oleh para pengguna iPhone 4S, 5, 5C dan 5S mulai hari ini.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

IOS 8 diklaim memiliki banyak fitur baru yang mempermudah penggunanya. Dilansir melalui IB Times, Kamis 18 September 2014, ini beberapa fitur di antaranya:
PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik


Handoff

Sistem operasi generasi terbaru Apple ini sudah pasti bisa disinergaikan dengan sistem operasi Mac, OS X Yosemite. Ini untuk memungkinkan para pengguna Apple saling terintegrasi, baik Mac ke iPhone dan iPad atau sebaliknya.

Artinya, pengguna bisa menjawab telepon di laptop, menerima dan membaca pesan di dekstop, dan memindahkan dokumen dengan cepat dari iPhone atau iPad ke komputer. Fitur ini disebut Handoff dan bisa difungsikan dengan beberapa aplikasi lain seperti Mail, Safari, Pages, Numbers, Keynote, Maps, Messages, Reminders, Calendar dan Contacts.



Foto dan Kamera

Aplikasi foto di iOS 8 telah mengalami peningkatan yang lengkap guna mempermudah pengguna untuk mencari file foto dan mengeditnya. Foto bisa dicari berdasarkan tanggal, lokasi, dan nama album. Tampilan foto juga bisa dipilih. Untuk mengedit foto di iPhone dan iPad, iOS memberikan beragam perangkat termasuk untuk meng-krop, dan fitur lain bernama Smart Adjustment. Untuk tampilan yang lebih kreatif, iOS 8 dilengkapi juga dengan fitur video time-lapse yang bisa mengambil foto-foto untuk disatukan menjadi sebuah video.



Perpesanan


Apple memperbaharui sistem perpesanan dengan tambahan yang cukup menarik. Tidak hanya teks tapi juga gambar dan video. Di iOS8, pengguna bisa mengirimkan suara melalui mikrofon yang terintegrasi ke kontak imessage yang ada. Fitur tambahan ini menjadikan iPhone atau iPad mirip dengan fitur WhatsApp atau instant messaging yang ada sekarang.



Notifikasi interaktif

iOS 8 juga memungkinkan penggunanya untuk menyentuh notifikasi yang muncul. Sentuhan itu sebagai tanda respon untuk menerima atau menolak undangan yang muncul di kalender, email, atau aplikasi pihak ketiga yang ingin masuk.



Ketik Cepat dan Dukungan Keyboard


Perubahan paling besar yang ada di iOS 8 adalah pola pengetikan cepat yang ada di fitur keyboard QuickType. Fitur ini memberikan pilihan kata yang tepat untuk mempercepat pengetikan atau pengiriman pesan. QuickType juga bisa beradaptasi dengan situasi kontekstual, menyesuaikan diri untuk memberikan pilihan kata yang lebih kasual dalam perpesanan, atau bahasa formal dalam email. Untuk pengalaman yang sangat berbeda, Apple juga memungkinkan para pengembang untuk membuat aplikasi keyboard yang lebih kreatif.



Berbagi dengan Keluarga


Selama ini iTunes merupakan hal yang eksklusif dan berbayar bagi pengguna perangkat Apple. Dengan fitur Family Sharing, para pengguna iOS 8 bisa berbagi aplikasi yang telah dibeli di iTunes, iBooks dan AppStore, tanpa harus membayar lagi menggunakan akun yang sama. Orangtua bisa memberikan izin pembelian aplikasi di iTunes kepada anaknya. Selain itu, iOS 8 juga memungkinkan berbagi album foto, mengorgansir kalender kepada sesama keluarga agar tetap saling berhubungan dan terorganisir.


Jika salah satu perangkat keluarga hilang, fitur ini memungkinkan anggota keluarga lain menggunakan Find My iPhone untuk mencari lokasi keberadaan perangkat tersebut.



iCloud Drive


Seperti halnya DropBox dan Google Drive, pengguna iPhone dan iPad bisa mengakses dokumen apa saja dari perangkat ber-iOS, baik Mac ataupun PC. iCloud Drive juga memungkinkan pengguna mengedit dokumen langsung dari iPhone dan iPad saat sedang berada di jalan. Berbagi file untuk kemudian diedit dan dibagi kembali, juga memungkinkan untuk dilakukan.



Kesehatan


Platform Healthkid sudah menjadi bagian dari Apple. Dengan aplikasi ini kesehatan pengguna bisa dipantau, bahkan informasi terkait kondisi anda sekarang. Untuk keamanan ekstra, aplikasi kesehatan ini memungkinkan pengguna untuk membuat kartu informasi darurat yang bisa dilihat langsung dari layar ponsel yang terkunci.



Dimana Update Bisa Dilakukan?

Apple iOS 8 sudah bisa di download sejak hari ini. Untuk menginstal iOS 8, pengguna tinggal menghubungkan iPhone ke komputer yang memiliki iTunes terbaru. Pengguna bisa melakukan pembaharuan perangkat iOS dengan masuk ke menu Setting - General - Sofware Update. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya